• Monday, 18 October 2021
  • Waktu Server 06:50 WIB

YRP Luncurkan Website Resmi serta Gelar Festival Edukasi Hybrid Pertama di Kota Solo

Caption:

SoloposFM, Guna meningkatkan kemampuan anak muda, YRP atau Youth Reinforcement Program hadirkan website yang menjadi pusat media pengembangan soft-skill dan festival edukasi. Website tersebut ialah www.yrp.co.id. YRP merupakan wadah pengembangan anak muda melalui pendampingan dan pelatihan soft-skill dalam berbagai kegiatan kepemudaan. Wadah ini muncul atas inisiasi Astrid Widayani, S.E., S.S., M.B.A, seorang dosen sekaligus ketua yayasan Universitas Surakarta (UNSA) dan Akparta Training Center (ATC) sejak 2019.

Secara rinci website ini memuat informasi seputar kegiatan dan kelas lengkap dengan informasi mentor sesuai bidangnya masing-masing. Kelas-kelas tersebut di antaranya Kelas Muda Eksis, Kelas Muda Kreatif, serta Kelas Muda Berkarya.

Selain kelas, terdapat pula berbagai webinar yang dapat diakses secara gratis melalui website. Dengan hadirnya website ini, pihak YRP berharap kelas-kelas YRP dapat menjangkau lebih banyak anak muda dari berbagai penjuru kota di Indonesia.

 

Solo Youth Edutech Festival

Selain merilis website, YRP juga akan menggelar festival edukasi anak muda dengan konsep hybrid (online dan offline) bertajuk Solo Youth Edutech Festival (SYEF) 2021. Untuk kegiatan offline akan bertempat di Wisma Pertemuan Ndalem Purwohamijayan dan kegiatan online akan tayang melalui website. Festival ini berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa, 26 Oktober 2021 hingga Kamis, 28 Oktober 2021. Dalam rangka memperingati semangat Hari Sumpah Pemuda serta memeriahkan Solo Great Sale 2021, acara ini menyasar anak muda usia 15-25 tahun secara nasional dari berbagai daerah di Indonesia.

 

 

Festival edukasi ini berfokus pada tema yang terbagi dalam empat zona. Zona pertama yaitu zona intrapersonal. Zona ini akan mengajak anak muda untuk bisa mengenali dirinya sendiri dengan baik dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Kedua adalah zona interpersonal yang akan membahas bagaimana anak muda bisa memaksimal komunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Selanjutnya adalah zona digital yang membahas mengenai pentingnya literasi digital dan pemanfaatan teknologi yang ada. Terakhir adalah zona global yang membahas bagaimana anak muda mengasah diri untuk menjadi bagian dari masyarakat global.

 

Daftar Pembicara

Festival ini menghadirkan pembicara nasional Rory Asyari (jurnalis and news anchor), Jessy Silana (Putri Pariwisata Indonesia 2020), dan Shakira Jasmine (penyanyi dan aktris nasional). Selain tiga pembicara nasional tersebut, festival ini juga menghadirkan berbagai pembicara yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing, di antaranya:

Talkshow:

  • Experienced Startup – Rio Baskoro/Rio Porto (Founder Round Division)
  • Komunitas – Dr. Arya Surendra M.M (Pemerhati Komunitas Bola/Rektor UNSA)
  • Public Speaking – Elizabeth Sudira (Public Speaker)
  • Personal Branding – Karlina Denistia (Dosen Sekolah Vokasi UNS/Penulis buku)
  • Investasi – Irwan Tri Nugroho Ph.D (Dosen FEB UNS)
  • Leadership – Ryo Juara (Founder Lion Parcel Juara)
  • Career Preparation – M. Andree TR. ST,MBA (HRD Batik GKBI)

Workshop:

  • Beasiswa – Lingga Wisnu P (World Indonesia Scolarship)
  • Startup – Catur Sugiarto PhD (UNS Inovation Hub/Dosen FEB UNS)
  • Cara Menghadapi Interview – Marry Ekawati (People Partner Lead Dana Indonesia)
  • Digital Marketing – Bella Zandithya (Social Media Marketing)
  • Copywriting – Deshtian Yoga Permana/Yoga Gaple (Founder SORE)
  • Go Global – Rahardien Aswindar (Exportir Muda Solo)

 

Baca juga: Upgrade CCRoom, Dishub Solo: Untuk Pelayanan Yang Lebih Baik kepada Masyarakat

 

Kegiatan talkshow akan berlangsung panggung utama yang juga akan tayang secara online. Sementara untuk kegiatan workshop akan berupa kelas khusus dengan audiens terbatas. Selain talkshow dan workshop, festival ini juga menyelenggarakan lomba untuk anak muda, antara lain kompetisi video TikTok dan Reels Instagram dengan tema permasalahan anak muda dan solusinya serta lomba copywriting dengan tema skill yang anak muda butuhkan untuk memperisiapkan generasi emas tahun 2045.

Festival edukasi ini juga telah mendapat dukungan dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta melalui audiensi pada Selasa (28/9) lalu. Selain itu, kegiatan ini juga akan melibatkan berbagai organisasi kepemudaan dan berbagai komunitas hobi, pendidikan dan kesenian di Kota Solo. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan yang dapat menjadi event tahunan di Kota Solo. Info lebih lanjut bisa mengunjungi Instagram @youthfest.solo dan website www.syef.org.

 

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar