• Monday, 6 - 02 - 2023
  • Waktu Server 03:41 WIB

YRP dan Edushift Gelar Seminar “Solo Melek Digital”

Caption: Dari kiri: Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Dian Rineta; inisiator dan CEO YRP, Astrid Widayani; Program Manager ITC, Benyamin Go, menjadi narasumber dalam Seminar Solo Melek Digital, Rabu (23/11/2022) di Universitas Surakarta (Unsa) di Kabupaten Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SoloposFM – Dalam rangka mendukung digitalisasi di Kota Solo, khususnya pada sektor pendidikan, Youth Reinforcement Program (YRP) dan Edushift.id bekerja sama dengan International Test Center (ITC) menyelenggarakan program “Solo Melek Digital”. Program ini merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari seminar Digital Literasi dan sertifikasi IC3 (Internet and Computing Core Certification) Digital Literacy Certification yang diberikan secara gratis untuk 1000 mahasiswa, dosen, dan guru di Kota Solo.

Program ini dibuka dengan Seminar Digital Literasi dengan mengusung tema yang sama yaitu “Solo Melek Digital” pada Rabu (23/11/2022), bertempat di Auditorium Prof. Brodjo Sudjono Universitas Surakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Solo akan fungsi dan pentingnya literasi digital di berbagai bidang.

Acara ini mendapat apresiasi dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka yang disampaikan melalui video sambutan. Dalam sambutannya Gibran menyampaikan bahwa saat ini mau tidak mau masyarakat memang dituntut untuk melek secara digital.

“Pemanfaatan teknologi menjadi hal yang wajib dikuasai dan menjadi kebutuhan utama berbagai pihak. Mulai dari pengusaha, pegawai, guru, siswa, orang tua, seniman dan pedagang pasar, dituntut menggunakan teknologi yang ada,” ujarnya.

Baca juga: Pospenas IX 2022 di Solo Dibuka Menteri Agama

 

Sertifikasi IC3 Digital Literacy

Seminar ini juga dihadiri oleh Astrid Widayani selaku Inisiator sekaligus CEO YRP dan Edushift, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Dian Rineta dan Program Manager ITC Benyamin Go. Dalam seminar ini, para pembicara membahas transformasi digitalisasi saat ini serta upaya untuk mendorong literasi digital khususnya di Kota Solo.

Selain kegiatan Seminar Digital Literasi, program Solo Melek Digital juga akan dilanjutkan dengan kegiatan sertifikasi IC3 Digital Literacy untuk 1000 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan guru yang akan diselenggarakan secara serentak pada Desember 2022.

IC3 merupakan sertifikasi keahlian umum dalam menggunakan teknologi internet dan komputer yang berstandar global serta merefleksikan keahlian yang terkini dan relevan bagi dunia kerja maupun dunia pendidikan. IC3 dibuat oleh Certiport yang menyediakan program sertifikasi dan solusi pelatihan untuk lembaga pendidikan, pencari kerja, dan perusahaan teknologi.

Baca juga: Fakta Menarik di Piala Dunia Qatar 2022 Yang Harus Kamu Tau, Sob!

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar