• Thursday, 29 July 2021
  • Waktu Server 11:36 WIB

Yel-Yel hingga Senam Aerobik Virtual Meriahkan MPKB Sekolah Di Solo

Caption:

Solopos FM,  Ratusan peserta didik kelas I-VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) tahun ajaran 2021/2022, Senin (12/7/2021). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12 Juli 2021 hingga 14 Juli 2021 secara daring melalui Zoom Meeeting.

Kegiatan MPKB merupakan langkah awal dalam membangun kedekatan antara guru dengan siswa. Selain itu, juga untuk mengenalkan lingkungan kelas dan sekolah. Mengangkat tema “Selalu Beprestasi di Masa Pandemi”, kegiatan MPKB SD Muhammadiyah PK Kottabarat diisi dengan serangkaian acara.

Kegiatan dibuka dengan tahfiz dan murajaah yang dipimpin oleh para uztazah dan dilanjutkan dengan perkenalan tim guru masing-masing kelas, program kelas, kontrak belajar, dan lingkungan kelas yang baru.

 

 

Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan yel-yel dan jargon dari masing-masing kelas dan beberapa kegiatan khusus. Kegiatan khusus tersebut di antaranya pengenalan fitur breakout untuk kelas II, senam aerobik untuk peserta didik kelas III, simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk kelas V, dan pemberian materi tutorial penggunaan aplikasi pengumpulan tugas portofolio secara online untuk kelas VI. Kegiatan khusus tersebut sekaligus menutup rangkaian acara MPKB SD Muhammadiyah PK Kottabarat tahun ajaran 2021/2022.

 

Di balik suksenya acara MPKB, beberapa guru kelas berikan pendapatnya terkait rangkaian acara. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Rini Dewi Puspita Sari, koordinator tim guru kelas V dan Muhammad Bachtiar Subardi, instruktur dalam senam dan guru PJOK.

“Kelas V memilih jargon KLB. Melalui jargon tersebut, seluruh siswa diharapkan dapat menjadi pribadi  yang terampil dalam memecahkan masalah (Kompeten), terpelajar dan berwawasan luas (Literat), serta memiliki kepribadian, akhlak, dan budi pekerti yang baik (Berkarakter),” ungkap Rini.

Sementara itu, menurut Muhammad Bachtiar, senam dapat menyegarkan suasana MPKB serta menjaga kondisi tubuh agar tetep sehat di masa pandemi.

Baca juga: Ambulans kala Pandemi, Pendengar SoloposFM: Sirinenya Bikin Nggrantes

 

Rangkaian kegiatan MPKB pun mendapat sambutan baik dari para peserta didik. Mereka  terlihat antusias dan kompak mengikuti gerakan senam dan juga aktif bertanya saat kegiatan berlangsung.

 

MPLS Daring Tak surutkan Peserta Didik Baru Tunjukkan Bakat.

 

MPLS

 

Serupa dengan jenjang SD, sebanyak 124 peserta didik baru SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta juga ikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2021/2022 secara daring pada Senin (12/7/2021). Namun, untuk jenjang SMP ini, kegiatan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 12 Juli 2021 hingga 16 Juli 2021 dengan menggunakan seragam lengkap.

MPLS dengan tema “Belajar tanpa Batas Ruang dan Waktu Menuju Generasi Berkarakter dan Peduli Lingkungan di tengah Pandemi Covid-19” ini dikemas dalam bentuk siaran langsung dari sekolah melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube PK TV. Kemudian, kegiatan dibuka secara simbolis dengan pemukulan bedug oleh Muhdiyatmoko dan penyerahan pohon ketapang kencana.

Muhdiyatmoko, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, turut memberikan pendapatnya terkait kegiatan MPLS tahun ini saat membuka acara.

“Karena suasana masih pandemi Covid-19, dua tahun terasa berbeda, Ustaz-Ustazah hanya bisa menyapa anak-anak dari jauh termasuk MPLS virtual ini. Hal itu demi menjaga kesehatan dan keselamatan kita bersama,” ungkapnya

Selepas pembukaan oleh kepala sekolah, kegiatan berlanjut dengan pemberian materi-materi, seperti pengenalan kultur dan ideologi sekolah, tata krama dan Al Islam Kemuhammadiyahan, pembuatan kreativitas digital berupa video atau poster, pengenalan kegiatan sekolah dan ekstrakurikuler, pembuatan kapsul mimpi, kesiswaan, edukasi sekolah ramah anak, dan sekolah adiwiyata.

Kegiatan MPLS pun diakhiri dengan unjuk bakat dari peserta didik baik dalam bentuk rekaman atau pun live di Youtube. Unjuk bakat tersebut, seperti menyanyi, menjadi penyiar radio, tahfidz, video editing, memasak, menari, peragaan karate, dan membaca puisi.

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar