• Tuesday, 27 September 2022
  • Waktu Server 20:12 WIB

Wujudkan Solo Kota Responsif Gender, Wawali : Media Harus Ubah Cara Berfikir Masyarakat!

Caption: Audiensi sosialisasi pengarusutamaan gender, Selasa (13/9/2022) di Balaikota Solo.

SoloposFM, Pengarusutamaan gender (PUG) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan fungsional utama semua instansi dan lembaga pemerintah di tingkat pusat dan daerah. Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa mengungkapkan untuk mendorong pelaksanaan pembangunan yang responsif gender tidak hanya melalui kebijakan, program, dan kegiatan saja tetapi perlu langkah nyata.

“Perlu suatu gerakan perubahan masif dan perubahan pola pikir dan paradigma dari seluruh segmen masyarakat diantaranya media. Media harus bisa mengubah cara berfikir masyarakat, mengubah frame mereka bahwa perempuan, anak, lansis hingga difabel juga harus setara dalam mendapatkan haknya,” ungkap Teguh dalam audiensi sosialisasi pengarusutamaan gender di Balaikota Solo, Selasa (13/9/2022).

Audiensi tersebut merupakan bagian dari Lomba Program Responsif Gender Kota Soloyang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Solo dengan menggandeng SoloposFM sebagai upaya percepatan pencapaian kesetaraan dan keadilan gender.

Teguh menambahkan, upaya pencegahan terjadinya kekerasan dan mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender membutuhkan proses yang panjang. Teguh juga mengklaim aspek pembangunan di kota Solo sudah mencapai semua lini. Namun evaluasi tetap diperlukan untuk mengetahui sejauh mana program tersebut menyentuh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Purwanti Kepala DP3AP2KB Solo menjelaskan strategi PUG diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan, dari semua kelompok usia, wilayah, dan yang kebutuhan khusus, dapat terlibat dalam proses pembangunan sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat untuk semua; dan semua penduduk dapat ikut serta dalam pengambilan keputusan/kebijakan.

Baca juga : Ini Dia Pentingnya Peran Media Dalam Kampanye Program Pengarusutamaan Gender Kota Solo

 

Kampanye CFD

 

Diketahui lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Solo menjadi finalis lomba Program Responsif Gender. Kelima OPD tersebut yaitu SatpolPP, BKPSDM, Badan Kesbangpol, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial.

Intan Nurlaili Station manager SoloposFM menambahkan, Satpol PP Kota Solo menjadi juara dalam lomba Program Responsif Gender melalui program Srikandi Satpol PP dan Linmas Pariwisata mereka.

Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lomba Program Responsif Gender akan kampanye langsung ke masyarakat pada gelaran Solo Car Free Day, Minggu (18/9/2022). Dalam kesempatan tersbeut akan diserahkan hadiah lomba yang rencananya akan dilakukan oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Srikandi Satpol PP Juarai Lomba Responsif Gender Kota Solo

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar