• Monday, 27 September 2021
  • Waktu Server 22:11 WIB

Weekend Kala PPKM Darurat, Yuk Isi Dengan Kegiatan Anti Stress!

Caption: sumber foto : freepik.com

SoloposFM,  Melonjaknya kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir membuat pemerintah akan melaksanakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat. Dengan diterapkannya peraturan ini, maka waktu Sobat bersama keluarga di rumah akan bertambah.

Libur weekend kerap dimanfaatkan untuk berlibur ke suatu tempat. Namun, di masa pandemi ini pemerintah menganjurkan untuk menghabiskan waktu libur di rumah. Sejumlah kegiatan bisa dilakukan saat Sobat menghabiskan libur panjang di rumah, dari nonton, bermain, hingga berbincang dengan keluarga.

 

Kegiatan tingkatkan imun

 

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Pada dasarnya, sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut.

Baca juga : Isu Obat Covid-19, Apoteker Farmasi : Jangan Sampai Jadi Korban Hoax!

 

Akan tetapi, saat sistem imun ini dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, agar tumbuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus perlu dijaga dan ditingkatkan. Terlebih, belakangan ini buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Sejumlah kegiatan bisa dilakukan saat Sobat menghabiskan libur panjang di rumah, dari nonton, bermain, hingga berbincang dengan keluarga. Berikut sejumlah rekomendasi kegiatan saat long weekend di rumah:

 

Menata ulang rumah

Dekorasi rumah bisa amat berpengaruh kepada suasana hati seseorang, terutama saat pandemi Covid-19 membiasakan Sobat berkegiatan di rumah. Dilansir My Story, tampilan rumah mempengaruhi suasana hati atau mood penghuninya. Tata letak baru pada rumah atau kamar dapat memicu kebaruan suasana hati.

 

Mencari hobi baru

Waktu yang panjang di rumah juga bisa dimanfaatkan dengan mencari hobi baru. Sibuk bekerja terkadang membuat seseorang luput dengan hobi atau kegemaran dirinya. Di momen weekend, Sobat bisa melanjutkan atau memulai hobi yang tertunda. Sobat juga bisa mengikuti tren hobi yang sedang berkembang, seperti memelihara tanaman hias.

Baca juga : PPKM Darurat, Mayoritas Pendengar Solopos FM Khawatir Dampak Ekonominya

 

Menonton

Rekomendasi aktivitas seru saat libur panjang di rumah lainnya adalah menonton, baik itu film maupun serial. Kini, semakin banyak platform digital yang menyediakan layanan streaming film atau serial. Seperti ditulis Psych Central, ahli psikologi Birgit Wolz menyatakan bahwa menonton film merupakan salah satu bentuk terapi untuk sejenak melarikan diri dari realitas.

 

Membaca buku

Era digital mungkin saja menjauhkan Sobat dari kebiasaan membaca buku. Momen libur panjang bisa Sobat manfaatkan untuk kembali membaca buku. Healthline mencatat beberapa manfaat membaca buku, salah satunya memperbaiki kemampuan kerja otak. Hal ini baik dilakukan untuk menyegarkan otak Sobat saat kembali ke hari kerja. Manfaat lain dari membaca buku adalah menghindarkan diri seseorang dari depresi.

 

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu hal penting yang kerap diabaikan di tengah rutinitas bekerja. Padahal, olahraga memiliki sejumlah manfaat, yang paling utama adalah menjaga kebugaran dan imunitas tubuh. Selain itu, olahraga juga bermanfaat bagi situasi kejiwaan seseorang. Seperti diberitakan WebMD, olahraga memiliki sejumlah dampak positif bagi jiwa, di antaranya mengurangi stres, terhindar dari cemas, dan meningkatkan rasa percaya diri.

 

Opini Pendengar SoloposFM

 

Dalam Dinamika 103 SoloposFM, Jumat (9/7/2021) pendengar SoloposFM mengungkapkan aneka ragam kegiatan weekend mereka. Berikut sejumlah opini mereka:

“Saya tidak punya agenda di kala weekend apalagi saat pandemi. Kerja kerja kerja,” tulis Sriyatmo di Pajang.

“Saya dan istri di waktu weekend bisa diisi merawat tanaman hias dari ganti media, pot, mengatur tanaman agar kelihatan cantik, bila selesai bisa menyalurkan hobby yng lain. Istri nyoba menu masak yang belum pernah di coba termasuk kue, dan nonton film korea, dan baca buku. Saya ngatur koleksi perangko yng belum saya masukkan ke album hingga dengar koleksi kaset lama,” papar Priyanto Sasongko.

“Nggak weekend atau weekday, dari sebelum hingga pandmei, kami di rumah saja. Kecuali kalau Minggu, sebelum pandemi kami ke gereja dan kadang juga ke mall bersama anak-anak,” tulis Nia di Solo.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar