Wanita Tetap Pakai Makeup Saat Kerja di Rumah untuk Jaga Kewarasan

Wanita Tetap Pakai Makeup Saat Kerja di Rumah untuk Jaga Kewarasan

SoloposFM, Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jadi upaya pemerintah Indonesia untuk mengatasi penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas. Kerja dari rumah pun diberlakukan banyak perusahaan untuk berpartisipasi dalam pemberantasan COVID-19.

Kebijakan kerja dari rumah yang diterapkan memang bisa membantu mengendalikan penyebaran virus. Namun yang tidak diperhatikan adalah kondisi psikologis dari para karyawan ketika harus bekerja dalam lingkungan yang sama dan terkungkung di rumah selama berminggu-minggu.

Bagi wanita, tekanan dan potensi stres bisa lebih besar, karena mereka juga harus mengurus rumah terlebih lagi yang sudah memiliki anak. Satu solusi yang bisa diterapkan untuk sedikit meringankan masalah ini ternyata dapat ditemukan di rumah, tepatnya, di kamar sendiri.

Meningkatkan Mood Positif

Sebuah penelitian di Inggris mengungkap bahwa memakai makeup bisa membuat para wanita merasa lebih baik di tengah pandemi virus Corona. No7, brand skincare asal Inggris menemukan, merawat kulit dan berdandan akan membantu meningkatkan mood positif pada wanita yang kerja dari rumah.

Seperti dilansir Telegraph, survei dilakukan terhadap 1.800 wanita yang saat ini kerja dari rumah. Sebagaimana dikutip Detik.com, ada 80 persen wanita yang mengaku pakai makeup membuat mereka merasa dirinya lebih baik dan 53 persen merasa lebih positif.

Ada alasan ilmiah kenapa wanita merasa lebih baik dan berpikiran positif ketika mengenakan makeup. Perawatan diri serta berdandan dilakukan wanita untuk ‘menormalisasi’ rutinitas normal yang biasa mereka lakukan sebelum merebaknya wabah.

Bahkan sepertiga wanita yang mengikuti survei percaya makeup punya peran besar menjaga kesehatan mental mereka. Bagi sebagian besar wanita, makeup tetap jadi bagian penting dalam rutinitas, meskipun mungkin tidak banyak atau bahkan tidak ada orang yang melihat wajah mereka.

Hasil survei yang dilakukan dengan metode jajak pendapat ini juga menunjukkan 46 persen wanita mengaku pakai makeup setiap hari meskipun hanya #dirumahaja. Terlebih lagi bagi mereka yang harus ikut meeting online bersama para rekan kerja dan kolega.

Sebanyak 45 persen wanita mengaku meeting online lewat platform video conference seperti Zoom dan Google Meet menjadi alasan utama kenapa mereka tetap pakai makeup di rumah.

Rata-rata wanita lebih menyukai tampilan makeup natural. Mereka hanya memakai concealer untuk menyamarkan noda-noda pada wajah, maskara agar mata lebih ‘terbuka’ dan ekspresif, serta lipstik tipis agar kesan lebih segar.

Skincare

Skincare pun tak kalah penting untuk menjaga ‘kewarasan’ di tengah situasi yang serba tak menentu ini. Polling menunjukkan bahwa wanita tetap merawat diri dengan pembersih, pelembap dan hand cream menjadi produk yang paling banyak digunakan.

“Merawat dan memelihara diri penting bagi kesejahteraan (mental), karena jadi pengingat bahwa kita bernilai dan dikagumi. Oleh sebab itu penting diingat bahwa skincare dan makeup bisa memainkan peran besar dalam menormalisasi rutinitas harian dan meningkatkan mood pada masa seperti ini,” jelas psikoterapis Lucy Beresforn, seperti dilansir Shemazing.

Dia melanjutkan, “Kita bisa melihat bagaimana makeup dan skincare bisa memberikan dorongan psikologis yang kuat, membuat kita merasa percaya diri dan lebih punya kontrol. Ketika terlihat dengan penampilan terbaik, kita akan merasa tak terkalahkan, siap menghadapi tantangan dari hari ke hari.”

Survei yang dilakukan No7 ini bertujuan memotivasi wanita agar tetap merawat diri meskipun di rumah aja. Sesempat yang mereka bisa. Baik itu satu jam atau hanya lima menit. Memakai masker perawatan, mandi air hangat dan luluran, atau sekadar mencoba tren makeup dari video tutorial di YouTube.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!