• Thursday, 30 June 2022
  • Waktu Server 03:32 WIB

Vaksinasi Booster di Solo Dimulai Besok, Sobat Solopos: Siap Terima Booster!

Caption: Ilustrasi vaksin booster Covid-19. (Covid19.go.id)

SoloposFM – Pemerintah pusat telah melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19 pada 12 Januari 2022. Sejumlah kriteria dan syarat penerima vaksin telah ditentukan. Sementara di Solo, pelaksanaan vaksinasi booster akan mulai Jumat, 14 Januari 2022.

Kepala Bidang Penyediaan Fasilitas Kesehatan & Kefarmasian Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, dr Tenny Setyoharini ketika dihubungi Solopos FM menyatakan vaksinasi booster yang pertama diadakan di RS Ibu Fatmawati Soekarno Solo sebanyak 150 dosis. Dikarenakan stok vaksin yang tersedia masih terbatas, maka vaksinasi akan dilakukan secara bertahap sambil menunggu ketersediaan vaksin.

Hal senada dikatakan Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih. Menurut Ning, pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 tidak bisa dikebut. Selain menyelesaikan vaksinasi pada warga yang belum mendapatkan, Ning menegaskan bahwa alokasi dan distribusi vaksin maupun kriteria penerimanya harus jelas. Ia tidak ingin nantinya vaksin booster ini menjadi salah sasaran sehingga merugikan masyarakat.

 

Sabar Menunggu Giliran Vaksin Booster

Sementara itu, menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS Solo dr. Tonang Dwi Ardyanto SpPK, PhD, Kota Solo sudah terbiasa menjalankan vaksinasi Covid-19 sehingga dirinya yakin pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19 akan berjalan lancar. Meski demikian, masyarakat harus sabar menunggu giliran.

Tonang menjelaskan penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di laman dan aplikasi PeduliLindungi. Hal ini dimaksudkan untuk menertibkan antrian vaksinasi dan efektifitas waktu atau jarak pemberian vaksin. Bagi yang tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi di HP, bisa mengakses melalui laman pedulilindungi.id untuk mengecek status dan tiket vaksinasi.

Pemberian vaksin booster ini diberikan setengah dosis agar KIPI lebih ringan tetapi dengan kekebalan yang didapatkan sama dengan dosis penuh. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” tambahnya.

Tonang menambahkan sebenarnya saat ini yang perlu didorong justru masyarakat yang sampai saat ini belum mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua. “Jadi jika ada keluarga, tetangga atau orang-orang terdekat yang belum vaksin Covid-19 harus didorong agar mereka mau segera divaksin,” tambahnya.

 

Komentar Sobat Solopos

Dalam sesi Dinamika 103, Kamis (13/1/2022), Sobat Solopos kompak menyatakan siap menerima vaksin booster Covid-19.

Berikut komentar Sobat Solopos :

Siap menerima dan semoga segera dapat kuota,” ungkap Fredy.

Kemarin waktu vaksin yang ke-2 efeknya pegel-pegel yang cukup lama. Gimana ya supaya nanti vaksin ke-3 tidak timbul efek seperti itu lagi?” tanya Anda dari Solo. Pertanyaan tersebut telah dijawab dr. Tonang bahwa vaksinasi booster nantinya diberikan setengah dosis sehingga diharapkan efek pascapenyuntikan lebih ringan.

“Syukurlah akhirnya digratiskan juga untuk vaksin boosternya. Siap menerima booster, biar semuanya bisa normal lagi seperti dulu,” kata Farida.

 

[Diunggah oleh Mita Kusuma]

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar