• Monday, 27 September 2021
  • Waktu Server 23:39 WIB

Uji Coba Pelonggaran PPKM dengan Aplikasi PeduliLindungi, Sobat Solopos: Mending Menunjukkan Fisik Kartu Vaksin Saja

Caption: Pengunjung memindai barcode melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki Mall Kuningan City di Jakarta, Selasa (10/8/2021). Pemerintah mulai mengijinkan pusat perbelanjaan di Jakarta untuk kembali beroperasi dengan kapasitas maksimal 25 persen pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Antara/Akbar Nugroho Gumay).

SoloposFM, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang mulai 31 Agustus sampai 6 September 2021 mendatang. Meskipun demikian pemberlakuan PPKM kali ini sudah mengalami pelonggaran akibat menunjukkan hasil yang baik. Pelonggaran tersebut berlaku dengan beberapa penyesuaian, salah satunya dengan adanya kebijakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam kegiatan sehari-hari.

Peraturan dan kebijakan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2021. Selain sebagai syarat perjalanan selama masa PPKM, aplikasi PeduliLindungi juga berguna untuk membantu pemerintah untuk melacak dan menghentikan penyebaran virus Corona.

Di Solo, menurut Ahyani, Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Kota Solo penggunaan aplikasi ini telah diatur surat edaran yang ditandatangani oleh Wali Kota Solo. Penggunaan Aplikasi peduliLindungi tersebut juga telah menjadi syarat untuk masuk mal di Kota Solo. Namun, penggunaan aplikasi ini juga akan diwajibkan di seluruh area publik, termasuk tempat ibadah

Baca juga: Tumbuhkan Kreativitas Pemuda Karanganyar Melalui Rumah Kreatif Manggal

Melansir laman Solopos.com, sebagian masyarakat menilai penggunaan aplikasi tersebut menambah ribet. Pasalnya sampai saat ini ada beberapa orang yang belum mendapat vaksinasi dan juga belum banyak orang yang mengunduh aplikasi tersebut. Sejumlah pengunjung mall kala masa uji coba pun mengaku mengalami kesulitan memasang aplikasi karena kepasitas memori ponsel penuh.

 

Opini Sobat Solopos

Sobat Solopos dalam program Dinamika, Jum’at (03/09/2021), mayoritas mengaku sudah mencoba Aplikasi PeduliLindungi di masa uji coba pelonggaran PPKM ini. Sebesar 57% Sobat Solopos mengaku sudah mencoba Aplikasi PeduliLindungi. Sedangkan 43% sisanya mengaku belum menggunakannya.

 

Berikut Sejumlah Opini Sobat Solopos:

“Sudah mencobanya di Hartono Mall dan Solo Grandmall. Ternyata aplikasi ini juga membantu untuk mendaftar vaksin. Salam sehat untuk kita semua,” ungkap Sony.

“Saya sudah mencoba aplikasi PeduliLindungi 2 Minggu saat masuk toko buku Gramedia Slamet Riyadi kemudian juga ke The Park Mall. Semuanya lancar. Pesan saya buat sobat Soloposfm yang sudah divaksin lebih baik buat aplikasi di rumah saja sebelum menuju ruang publik, agar saat ke ruang publik yang harus buka aplikasi PeduliLindungi jadi mudah dan tidak membuat antrean panjang,” terang Priyanto.

“Saya pribadi masih bingung dengan menu yang tersedia di Aplikasi PeduliLindungi sedikit menyulitkan. Saya mending menunjukkan fisik kartu vaksin saja,” tulis Sulung.

 

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar