• Monday, 29 November 2021
  • Waktu Server 05:06 WIB

Susah Cari Jodoh Karena Pandemi? Sobat Bisa Klik Aplikasi Jadikan Aku Halalmu Kemenag Solo

Caption: sumber foto : solopos.com

SoloposFM, Di tengah pandemi, kita susah bertemu dengan orang baru untuk mencari jodoh. Apalagi kondisinya selalu dibatasi dengan adanya berbagai aturan jaga jarak, jangan ke luar rumah. Namun, Sobat yang single jangan putus asa. Sebab semakin berkembangnya teknologi banyak tersedia aplikasi online menjadi jodoh yang dengan mudah didapatkan hanya melalui smartphone.

Kantor Urusan Agama (KUA) Jebres dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo memfasilitasi warga yang belum memiliki pasangan hidup untuk menemukan jodoh melalui program Jadikan Aku Halalmu.

Kepala KUA Jebres, M Arbain Basyar, menjelaskan salah satu program/inovasi KUA Jebres pada masa pandemi Covid-19 adalah membantu menjembatani warga yang tidak memiliki pasangan hidup alias jomlo supaya mendapatkan jodoh. Sejumlah orang sulit bertemu atau menjalin relasi sosial dengan tatap muka selama pandemi Covid-19.

Baca juga : Sobat Solopos Keluhkan Kerusakan Jalan Arah Waduk Mulur, DPUPR Sukoharjo : Sudah Dipetakan Dan Memang Proyek Molor

 

“Warga dapat mengisi formulir elektronik pada layanan menemukan jodoh KUA Jebres, Solo, serta menuliskan kriteria pasangan yang diinginkan. Kemenag Kota Solo akan mentaarufkan (mempertemukan) pasangan yang kira-kira sesuai dengan kriteria yang ditulis,” ungkap Arbain dalam program Dinamika, Senin (06/09/2021).

 

Langkah Menggunakan Aplikasi

 

Layanan menemukan jodoh itu dapat diakses melalui laman resmi Kemenag Kota Solo http://kotasurakarta.kemenag.go.id/. Kemudian klik menu Layanan Publik dan pilih submenu Jadikan Aku Halalmu.

Pengguna mengisi sejumlah kolom pada Google Formulir, antara lain nama, nomor telepon atau Whatsapp, memilih status (janda, duda, perawan, dan jejaka), mendeskripsikan tentang diri, kriteria pasangan, mengunggah dua foto, KTP, dan kartu keluarga.

 

Berikut langkah-langkahnya:

 

  1. Buka laman http://kotasurakarta.kemenag.go.id/
  2. Pilih menu Layanan Publik
  3. Klik Sub Menu Jadikan Aku Halalmu
  4. Klik tautan Jadikan Aku Halalmu
  5. Mengisi formulir :  Nama, Nomor telepon atau Whatsapp, Mengisi status (janda, duda, perawan, atau jejaka), Menceritakan diri sendiri, Menjelaskan kriteria pasangan, Mengunggah dua foto, Mengunggah foto KTP dan KK
  6. Submit

(Sumber: http://kotasurakarta.kemenag.go.id/)

 

Baca juga : Uji Coba Pelonggaran PPKM dengan Aplikasi PeduliLindungi, Sobat Solopos: Mending Menunjukkan Fisik Kartu Vaksin Saja

 

Opini Sobat Solopos

 

Sobat Solopos dalam program Dinamika, Senin (06/09/2021), mayoritas mengaku masih memilih mencari jodoh secara offline, atau cari sendiri. Sebanyak 67% Sobat Solopos memilih mencari josoh tanpa aplikasi. Sementara 33% sisanya mengaku akan memanfaatkan aplikasi tersebut.

Berikut sejumlah opini Sobat Solopos:

 

“Salut buat kemenag semoga sukses,” ungkap Syamsudin.

“Semua akan menjadi online pada waktunya. Pekerjaanpun sekarang sudah banyak yang online. Untuk anak-anak muda kalau tidak jeli melihat ini, anda akan ketinggalan kereta,” papar Rudi Hartono.

“Jaman memang serba online. Semoga bisa menjadi salah satu solusi para jomblo untuk mendapatkan jodohnya,” papar Ana.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

 

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar