Sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga “Merdeka” Kota Solo

Sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga “Merdeka” Kota Solo

SoloposFM, Seiring dengan adanya berbagai perubahan dalam masyarakat menyebabkan permasalahan yang dihadapi oleh keluarga semakin kompleks, seperti kemiskinan, keterlantaran anak, kekerasan dalam rumah tangga, trafficking, kenakalan remaja, anak berhadapan dengan hukum, dan penyalahgunaan narkoba.

Ketahanan sosial keluarga cenderung menurun sebagai akibat dari banyaknya permasalahan sosial yang dihadapi. Untuk itu, dibentuklah Pengurus Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Kota Solo.

Dra. Siti Chotimah, M.Si., Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Solo, dalam Bincang Spesial Solopos FM, Senin (24/08/2020) menjelaskan LK3 adalah unit yang memberikan pelayanan sosial terpadu dan melakukan upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam penanganan masalah psikososial keluarga dalam mewujudkan ketahanan keluarga.

“Harapannya, seluruh keluarga, kelompok/organisasi, dan masyarakat kota Solo yang menghadapai masalah kesejahteraan keluarga dapat mengatasi permasalahan psikososial keluarga, memulihkan kondisi Psikososial Keluarga, dan meningkatkan Kesejahteraan Keluarga,” papar Siti.

Sementara itu, Drs.Mardiyanto, M.Si., Ketua LK3 “MERDEKA” Kota Solo mengungkapkan tujuan layanan LK3 utamanya untuk memperkuat ketahanan keluarga.

“Layanan di LK3 “MERDEKA” Kota Solo diberikan oleh Pekerja Sosial Profesional, Psikolog,  Praktisi Hukum, Dokter dan tenaga medis lainnya, Polisi hingga pemuka agama dan tokoh masyarakat lainnya. Keunggulan LK3 MERDEKA Kota Solo adalah memberikan layanan tak berbayar / gratis. Layanan yang diberikan menggunakan pendekatan profesi.  Memiliki jejaring kerja sebagai akses rujukan. Mampu melakukan penjangkauan sampai sasaran dan berada dekat dengan masyarakat,” ungkap Mardiyanto.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!