• Sunday, 27 - 11 - 2022
  • Waktu Server 12:12 WIB

Solopos Raih AMSI Awards 2022 Sebagai Media Lokal dengan Pengelolaan Manajemen Terbaik

Caption: Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, membawa piala AMSI Awards 2022 di Jakarta, Rabu (23/11/2022). (Istimewa)
SoloposFM – Solopos (Solopos.com) berhasil meraih penghargaan AMSI Awards 2022 untuk kategori Media Lokal dengan Pengelolaan Manajemen Terbaik. Selain menyabet penghargaan bergengsi itu, Solopos juga menjadi nomine untuk kategori Media Lokal dengan Pertumbuhan Konten Terbaik.

Penghargaan itu diterima Pemimpin Redaksi Solopos Media Group Rini Yustiningsih, pada malam penghargaan AMSI Awards 2022 digelar di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Rini mengatakan dalam dua tahun terakhir newsroom Solopos mengalami perubahan yang dinamis. Dia menyebut penghargaan ini sekaligus menjadi tantangan ke depan untuk mengembangkan Solopos.com dengan mengharmoniskan traffic dan pers berkualitas.

“Terima kasih untuk kawan-kawan di Griya Solopos 190, tanpa kalian ini tidak akan diraih. Ini buat kalian,” ujar Rini saat menerima penghargaan.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) merupakan organisasi konstituen Dewan Pers. AMSI Awards 2022 ini diikuti 121 media siber di seluruh Indonesia dan digelar dengan 15 kategori yaitu 7 kategori untuk media nasional dan 8 kategori untuk media lokal. Kategori itu di antaranya “Pertumbuhan Konten Terbaik”, “Pertumbuhan Bisnis Terbaik”, “Distribusi Konten Terbaik”, “Inovasi Teknologi Terbaik”, “Inovasi Konten Video-Audio Terbaik”, “Desain Website Terbaik”, “Pengelolaan Manajemen Terbaik”, dan “Pertumbuhan Brand Terbaik”.

Baca juga: Bentuk Ekosistem Sehat, AMSI Luncurkan Agency Iklan IDiA

Dewan juri AMSI Awards 2022 diketuai mantan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dengan anggota juri yaitu anggota Dewan Pers Ninik Rahayu; peneliti media dan akademisi Ignatius Haryanto; Majelis Etik AMSI Metta Dharmasaputra; Chief Party Internews Indonesia Eric Sasono; dan Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristy Nelwan.

Yosep Adi Prasetyo dalam sambutannya mengatakan proses penjurian yang tidak mudah. Dia menyebut AMSI Awards 2022 tergolong rumit, kompleks, dan unik karena bukan hanya konten yang dinilai, namun desain website, pertumbuhan media, hingga pertumbuhan bisnisnya.

Dia menyebut AMSI Awards 2022 ini menjadi momentum untuk melahirkan jurnalisme sehat di media siber. “Ke depan kami berharap kategori ditambahkan seperti konten terbaik,” kata dia.

Solopos mampu meraih penghargaan “Media Lokal dengan Pengelolaan Manajemen Terbaik” tidak lepas dari upaya transformasi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Solopos yang berdiri pada 19 September 1997 melakukan transformasi besar-besaran ke platform digital lewat Solopos.com dalam dua tahun terakhir.

Pandemi pada 2020 menjadi salah satu titik tolak redaksi Solopos dalam manajemen isu dan konten diberbagai platform-nya. Selama dua tahun secara bertahap, dilakukan transformasi dan migrasi personel hingga akhirnya kini lebih dari 2/3 tim redaksi bertugas di platform digital (Solopos.com dan multimedia) dan sisanya di platform paper.

Baca juga: Jadi Perhatian Serius Danone Indonesia dan AMSI, Ini Dampak dan Pencegahan Stunting

Migrasi personel ini juga diikuti dengan penerapan single newsroom content management system (CMS). Konten untuk Solopos apa pun platformnya ada di newsroom yang sama dengan prioritas konten di online. Reporter yang pada awal Solopos lahir diarahkan sebagai reporter cetak, mulai 2020 diubah menjadi reporter multiplatform yang bisa memasok konten untuk berbagai platform mulai paper/koran, online, hingga video/multimedia.

Reporter dan content manager secara berkesinambungan didorong mengelola konten yang menarik di online, sekaligus kuat dan mendalam untuk cetak.

Manajemen SDM redaksi menjadi sangat dinamis dengan hal tersebut. Upaya pengembangan Solopos.com gencar dilakukan termasuk mendulang traffic karena itu menjadi salah satu parameter kinerja website. Namun, tetap menjaga standar konten sesuai UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Media Siber, hingga Pedoman Pemberitaan yang dirilis Dewan Pers.

Solopos menjaga harmonisasi standar kualitas jurnalisme dan kreativitas mendulang traffic. Redaksi Solopos mengimplementasi Pedoman Konten Solopos Media Group terlaksana. Konten yang dibuat harus kontesktual, klir, relevan dan bermanfaat.

Di lini bisnis, Solopos membuat berbagai program berbasis konten untuk menciptakan sumber pendapatan baru. Berbagai layanan baru dilahirkan, Espos Plus yang menjadi paid content, visual interaktif, hingga brand content berbagai platform. Pada akhirnya media mempunyai strategis untuk menyerbarkan informasi sehat dan bermanfaat untuk masyarakat.

Daftar Pemenang AMSI Awards 2022

Pertumbuhan Konten Terbaik

Media Nasional: Tempo.co
Media Lokal: TribunKaltim.co

Pertumbuhan Bisnis Terbaik

Media Nasional: Hukumonline.com
Media Lokal: Beritajatim.com

Distribusi Konten Terbaik

Media Nasional: The Conversation
Media Lokal: Wartabromo.com

Inovasi Teknologi Terbaik

Media Nasional: Suara.com
Media Lokal: Harapanrakyat.com

Inovasi Konten Video-Audio Terbaik

Media Nasional: Kbr.id
Media Lokal: Sukabumiupdate.com

Desain Website Terbaik

Media Lokal: Beritabeta.com

Pengelolaan Manajemen Terbaik

Media Nasional: Hukumonline.com
Media Lokal: Solopos.com

Pertumbuhan Brand Terbaik

Media Nasional: Haibunda.com
Media Lokal: Beritajatim.com

Sumber: Solopos.com

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar