Solopos FM Dan Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta Komitmen Kerjasama Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Solopos FM Dan Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Surakarta Komitmen Kerjasama Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dan Sastra Indonesia

SoloposFM, Sebagai upaya meningkatkan mutu penggunaan bahasa dan sastra Indonesia, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Adab dan Bahasa, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta melakukan kerjasama dengan Solopos FM. Kerjasama juga dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

SoloposFM yang merupakan media elektronik dengan format radio berita dan gaya hidup dengan daerah jangkauan area yang cukup luas diharapkan dapat bersinergi dengan pihak kampus dalam menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk mewujudkan tujuan utama tersebut.

Dr. Siti Isnaniah, M. Pd. selaku Kaprodi TBI menjelaskan kerja sama ini dapat menunjang perkuliahan Prodi TBI terutama mata kuliah pilihan Jurnalistik dan Kepenyiaran. Bentuk kegiatannya berupa penyelenggaraan pengajaran dan pelatihan bidang jurnalistik di IAIN Surakarta, penyelenggaraan magang akademik jurnalistik dan kepenyiaran di Solopos FM, melakukan penelitian di bidang kebahasaan, kesastraan Indonesia, dan pengajarannya, pemasyarakatan informasi kebahasaan dan kesastraan Indonesia melalui media (jurnalistik dan kepenyiaran). Dengan demikian mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang telah diperoleh selama perkuliahan dengan praktik langsung di Solopos FM.

Kerjasama dimulai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dekan Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta yang membawahi Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag., M.Ag dengan Business and Station Manager Solopos FM, Intan Nurlaili. Penandatanganan dilakukan Selasa, 11 Februari 2020, di ruang Senat FAB IAIN Surakarta.

Penandatangan kerja sama ini disepakati oleh Dekan, Wakil Dekan I, dan seluruh dosen Prodi TBI FAB. Perjanjian kerja sama ini akan berlaku selama lima tahun sejak disepakati oleh semua pihak.

“Fakultas Adab dan Bahasa berharap ada tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama ini. Jadi tidak hanya hitam di atas kertas putih saja”, ujar Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag. M.Ag.

Tidak hanya itu Solopos juga diberikan kesempatan untuk mengadakan kegiatan dengan seluruh program studi di FAB demi meningkatkan kualitas dan nilai akreditasi ke depan.

“Kami menyambut positif kerjasama ini. Mengingat dunia akademik juga membutuhkan dunia usaha. Harapannya kerjasama bisa meluas ke sejumlah program positif, seperti magang misalnya,” ungkap Prof. Dr. Toto Suharto, S.Ag. M.Ag.

Sementara itu, dengan Business and Station Manager Solopos FM, Intan Nurlaili juga berharap kerjasama ini akan terus dapat ditingkatkan, agar kedua belah pihak dapat bersinergi lebih lanjut dan mengena kepada mahasiswa.

“Solopos FM sangat terbuka terhadap kerjasama semacam ini. Di 2020, IAIN adalah yang pertama bekerjasama. Pada 2019, kita sudah dengan beberapa universitas juga. Semoga kerjasama dengan IAIN ini dapat kita manfaatkan seoptimal mungkin dengan program-program positif bagi kedua belah pihak,” papar Intan.

Radio Show Solopos FM di IAIN Surakarta

Dalam rangka ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa terkait dengan dunia broadcast dan public speaking, Solopos FM menyelenggarakan program Radio Show Solopos FM yang diadakan atas kolaborasi dengan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Solo dalam hal ini Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Adab dan Bahasa.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada Selasa, 18 Februari 2020 berupa penyampaian tema “Sharing Broadcasting & Public Speaking” bersama Penyiar dan kru Solopos FM. Kegiatan ini akan diikuti ratusan mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Adab dan Bahasa, IAIN Surakarta.

Mahasiswa merupakan agent of change yang perlu memiliki bekal atau keahlian yang bisa menjadi modal untuk bisa sukses di masa depannya. Dengan mengikuti sharing tersebut diharapkan bisa memberikan gambaran dan pengetahuan kepada mahasiswa terkait dengan dunia broadcast dan public speaking. Kemampuan mahasiswa pada kedua hal tersebut sangat bermanfaat untuk bekal menghadapi kehidupan di masa mendatang.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!