• Monday, 16 May 2022
  • Waktu Server 16:02 WIB

Solo Singing Competition 2022, Asah Olah Vocal Talenta Penyanyi Muda

Caption: Salah satu penampilan peserta Solo Singing Competition 2022

SoloposFM, Suasana atrium The Park Mall Solo Baru pada Sabtu (12/3/2022). tak seperti hari biasa. Suara iringan lagu dan nyanyian menggemar yang sesekali disambut sorak sorai dan tepung tangan pengunjung. Mereka memberikan aplaus kepada para peserta grand final Solo Singing Competition 2022 yang unjuk gigi di panggung secara bergantian.

Sebagian peserta lomba menyanyi itu masih kalangan anak-anak. Mereka didampingi orangtua atau sanak famili saat hendak bernyanyi di panggung. Ada empat kategori lomba menyanyi yakni SD, SMP, SMA, dan umum. Masing-masing kategori diikuti lima kontestan. Setiap peserta diberi kesempatan untuk tampil di panggung dan bebas memilih lagu yang akan dinyanyikan di depan tiga juri yakni Damar Sri Prakoso, Noer Atmaja, dan Fajar Rahmadi.

Business dan Station Manajer Solopos FM, Intan Nurlaili, mengatakan Solo Singing Competition 2022 merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Solopos FM.

“Animo masyarakat terutama kalangan pelajar untuk berpartisipasi dalam Solopos FM Singing Competition 2022 cukup tinggi. Jumlah peserta yang mendaftar cukup banyak. Panitia lantas menyeleksi peserta melalui rekaman lagu yang dinyanyikan masing-masing peserta di Instagram,” kata dia, saat berbincang dengan Espos, Sabtu (12/3/2022).

 

Kriteria Penilaian Juri

 

Masing-masing kategori diambil satu pemenang dengan total nilai tertinggi. Selain kualitas suara, para juri menilai penguasaan lagu atau lirik, ketepatan nada, dan ketepatan waktu. Tak hanya itu, masing-masing peserta juga dinilai saat performance dan interaksi dengan penonton.

Wanita yang akrab disapa Intan itu menyampaikan tiga peserta yang memiliki nilai tertinggi di setiap kategori bakal mengisi program menyanyi di Solopos FM. “Nantinya, tiga besar masing-masing kategori bakal on air di radio. Mereka bakal diundang khusus ke Solopos FM,” ujar dia.

Stasiun radio hiburan dan musik yang mengudara di frekuensi 103,0 FM itu menggelar lomba menyanyi guna menggali dan memfasilitasi talenta penyanyi muda di wilayah Soloraya. Tak menutup kemungkinan, event ini bisa melahirkan penyanyi-penyanyi muda yang bisa bersaing di level nasional maunpun luar negeri.

Solopos FM bakal bersinergi dengan para stakeholder untuk membangkitkan semangat para pemusik muda khususnya di wilayah Soloraya.

“Respon para pemusik muda di Soloraya luar biasa. Event ini bisa menambah jam terbang dan kemampuan dalam olah vocal. Bisa jadi, event serupa bakal kembali digelar dengan konsep berbeda dan lebih menarik,” ujar dia.

 

Daftar Pemenang

 

Adapun pemenang masing-masing kategori yakni Aphrodita Helsa Christiani (kategori SD), Ekswanda A.T (kategori SMP), Annastasya Kesta Diva (kategori SMA) dan Agnes Mustika Sari (kategori umum).

Sementara itu, pemenang Solo Singing Competition 2022 kategori SMP, Ekswanda A.T, mengaku kerap mengikuti lomba menyanyi sejak duduk di bangku SD. Ekswanda juga mengikuti kursus olah vocal untuk mengasah talenta dan bakat menyanyi. Berkat kerja kerasnya, siswi kelas 3 SMP Pangudi Luhur Bintang Laut itu kerap memboyong tropi saat mengikuti lomba menyanyi.

Acara ini di sponsori oleh Wardah, The Park Solobaru, Roti Ganeps, Ayam Kendil, dan Anugrah Snack.

 

 

Ditulis Oleh Wartawan Solopos Bony Eko Wicaksono

Diunggah oleh Avrilia Wahyuana

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar