• Thursday, 20 January 2022
  • Waktu Server 20:08 WIB

Sebelum Berkunjung Ke Korea Selatan, Berikut Hal Menarik Yang Harus Sobat Tau!

Caption: Mytrip123.com

SoloposFM, Selalu ada banyak hal menarik yang dapat dibahas tentang Korea Selatan. Tidak hanya terkenal dengan budaya Hallyu Wave atau Korean Drama saja, namun banyak hal menarik yang dapat dipelajari. Terutama bagi kalian yang ingin berkunjung ke Korea Selatan suatu saat nanti.

Dikutip dari laman 90daykorean, berikut beberapa fakta menarik seputar kebudayaan Korea Selatan :

 

Orang Korea Berusia Satu Tahun Saat Lahir

 

Fakta unik pertama tentang Korea Selatan yaitu ketika seorang anak lahir, maka umurnya sudah terhitung satu tahun. Umur ini tentu berbeda dengan umur internasional sehingga menjadi pembeda antara kebudayaan Korea Selatan dengan negara lain.

Salah satu penjelasan mengenai ini karena bayi berada di dalam kandungan ibunya selama 9 bulan, yaitu hampir sekitar satu tahun lamanya. Oleh karena itu maka bayi yang baru lahir di sana terhitung sudah berumur satu tahun. Selain itu, metode menghitung ini juga menjadi sedikit rumit tergantung dengan kalender lunar, kalender matahari, dan juga ulang tahun.

Namun, jika ada orang Korea yang menanyakan perihal umur kita, maka cara paling amannya menjawab dengan memberitahu tahun lahir kita.

Baca Juga : ENHYPEN Ungkap Resolusi Masa Depan Yang Dinanti Dalam Wawancara Terbarunya

Peminum Paling Kuat di Asia

 

Fakta jika orang Korea adalah peminum yang paling kuat di wilayah Asia membuat orang-orang cukup terkejut.  Pasalnya, hal ini disebabkan oleh tradisi serta budaya mereka yang sudah menjadi turun temurun. Terlebih jika hari libur tiba, sebagian besar dari mereka merayakannya dengan budaya minum alkohol.

Menurut data WHO, masyarakat Korea Selatan mengonsumsi rata-rata 12,3L alkohol setiap tahunnya, serta menempati peringkat ke #17 di dunia karena hal ini. Data tersebut juga membuktikan bahwa masyarakat Korea Selatan lebih banyak meminum alkohol daripada orang-orang dari negara Jerman, AS, Irlandia, Kanada, dan juga Australia.

Salah satu faktor mengapa mayoritas masyarakat Korea Selatan kuat minum karena adanya Soju. Pada umumnya Soju yang merupakan minuman alkohol memiliki kadar sekitar 19%.

 

Valentine Days Hanya Untuk Pria

 

Jika Hari Valentine biasa kita kenal dengan budaya laki-laki memberikan hadiah atau sekedar cokelat untuk pasangannya, namun budaya Valentine di Korea Selatan berbeda. Karena justru laki-laki akan menerima cokelat dari pasangannya, sedangkan laki-laki akan memberikan cokelat kepada perempuan pada saat White Day yang jatuh pada 14 Maret.

Jika kalian tertarik untuk memiliki pasangan orang Korea, kalian harus ingat baik-baik kebiasaan ini agar tidak menimbulkan kesalahan di dalam hubungan.

 

Merayakan Natal Dengan Pasangan, Keluarga Ketika Tahun Baru

 

Biasanya ketika natal tiba, orang-orang akan cenderung untuk memilih pulang ke kampung halamannya dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada saat malam Tahun Baru, orang-orang juga cenderung pergi ke club, atau mengadakan pesta di rumah bersama teman-teman.

Sedangkan jika di Korea Selatan, orang-orang justru melakukan hal sebaliknya. Masyarakat Korea cenderung menghabiskan natal dengan pasangan mereka, bagi mereka mengunjungi keluarga pada saat natal tidak begitu penting.

Selain itu, meskipun masyarakat Korea juga merayakan Tahun Baru, tapi ternyata perayaan terbesar justru terletak pada Tahun Baru Imlek. Pada waktu ini, orang-orang akan pergi ke kampung halaman untuk merayakannya bersama keluarga. Jika kalian ingin berpergian pada waktu itu, pastikan kalian melakukan perhitungan estimasi waktu yang akan kalian habiskan di jalan. Karena tentunya jalanan akan cukup padat baik menggunakan transportasi umum sekalipun.

 

Tetraphobia

 

Arti dari Tetraphobia adalah menghindari angka empat. Menurut kepercayaan orang Korea, angka empat menunjukan sebagai angka kesialan, dan bisa mendatangkan bahaya karena bunyi serta pengucapannya. Oleh karena itu, di dalam elevator maupun gedung-gedung kalian akan sering melihat lantai 1,2,3 dan F.

 

Penulis : Amara Verisa

Editor : Avrilia Wahyuana

 

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar