SDIT Nur Hidayah Ajak Siswa Jalan Sehat dan Peduli Lingkungan

Solopos FM – Selasa (16/07/19) cuaca cukup cerah. Mentari pun bersinar menerangi semesta. Seakan menyapa penghuninya untuk bertasbih dan bersyukur dengan bertebaran di muka bumi untuk beraktivitas dan beribadah kepada-Nya. Tidak terkecuali warga SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

Secerah cuaca pagi ini, langkah-langkah kecil penuh semangat terlihat dari siswa-siswi kelas 3 saat memasuki gerbang sekolah. Berseragam khas batik sekolah bercorak hijau kuning, mereka tampak gagah dan anggun. Disambut beberapa guru mereka beruluk salam, bersalaman, dan berbagi senyuman.

Usai meletakkan dan merapikan tasnya di kelasnya masing-masing, mereka bergegas menuju ke halaman sekolah yang berada di gedung barat. Pagi ini siswa-siswi kelas 3 mengikuti jalan sehat dirangkaikan dengan pembagian beberapa bibit tanaman ke warga sekitar sekolah dengan tujuan agar siswa belajar tentang peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.

Di samping itu, dalam rilis yang diterima Solopos FM dikatakan,  siswa-siswi juga dibekali dengan beberapa kantong plastik untuk memungut sampah yang ditemui di setiap sudut jalan yang dilewati. Setiap kelas dibagi 2 kelompok putra dan putri. Satu kelompok diamanahi 2 kantong plastik.

Rute jalan sehat kali ini dibagi dua, yaitu rute 1 dimulai dari Jl. Basuki Rahmat menuju Jl. Klengkeng lalu Jl. Semangka melewati TKIT Nur Hidayah kemudian finish di sekolah. Sementara rute 2, yaitu Jl. Pisang II lurus sampai warung Pak Toto ke kiri menuju masjid Al-Hadi, melewati SMP N 2 Surakarta hingga menuju masjid Al-Huda Kerten.

Setelah istirahat beberapa menit, siswa-siswi kelas 3 melanjutkan aktivitas berikutnya yaitu sholat dhuha yang dilanjutkan dengan dzikir dan doa. Nyanyian yel-yel kelas 3 yang dipimpin langsung oleh koordinator guru paralel kelas 3, Ustadzah Pipit Anugraeni, S.Pd menambah semangat dan keseruan anak-anak.

Kebijakan sekolah yang memberikan dispensasi tidak adanya Kegiatan Belajar Mnegajar (KBM) untuk pekan pertama ini dimanfaatkan oleh ustadz-ustadzah kelas 3 untuk memaksimalkan orientasi siswa dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Orientasi siswa siswi kelas 3 tahun ini berlanjut hingga Jumat pekan ini. Diselenggarakan 5 hari dengan tujuan agar siswa bisa beradaptasi dengan suasana dan lingkungan yang baru.

Koordinator Paralel kelas 3, Ustadzah Pipit Anugraeni, S.Pd mengungkapkan, “Tujuan masa orientasi diperpanjang sampai lima hari ke depan agar para siswa mampu beradaptasi dengan ritme kegiatan dari kelas bawah ke kelas atas. Kami berharap semoga di kelas 3 ini para siswa bisa semakin mandiri dan berprestasi.”

Kegiatan hari ini ditutup dengan pembacaan tata tertib oleh Ustadzah Roihatul Hasanah, S.Ag. Sebelum membacakan aturan dan tata tertib, terlebih dahulu memberikan arahan dan motivasi kepada anak-anak, “Bahwa di sini kalian anak-anakku memiliki orangtua, sama dengan orangtua kalian dirumah yaitu sama-sama ingin membimbing kalian menjadi lebih shalih-shalihah,” katanya.[]

Post Comment