• Wednesday, 16 June 2021
  • Waktu Server 11:03 WIB

Perguruan Muh PK Kottabarat Solo Siap Kolaborasi dengan Enuma

Caption:

SoloposFM, SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo menerima kunjungan visitasi dari Tim Visit Program Edutabmu (Edukasi Tablet Muhammadiyah) yang merupakan kerjasama antara Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah dan Aisyiyah, Lazismu PP Muhammadiyah, dan Lembaga Enuma, Senin (7/6/2021).

Kunjungan ini sekaligus survei lapangan kepada sekolah Muhammadiyah yang ditunjuk sebagai penerima program Edutabmu. Tim visit yang hadir adalah Rusma Siadari, Project Leader Enuma Indonesia dan Nila Masnuri Yunita, selaku Koordinator Wilayah Edutabmu Jawa Tengah.

Project Leader Enuma Indonesia, Rosma Siadari, mengungkapkan SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo merupakan salah satu dari 47 sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia yang ditunjuk oleh PP Muhammadiyah untuk menerima program Edutabmu.

Baca juga : PTM Mulai Juli, Pendengar Solopos FM : Antara Siap Dan Tidak Siap

 

Melalui program ini, sekolah akan mendapatkan fasilitas tablet berisi aplikasi Sekolah Enuma untuk siswa usia 5 sampai 8 tahun atau kelas 1 dan 2 sekolah dasar.

 

Model Gamifikasi

“Aplikasi Sekolah Enuma menggunakan model gamifikasi sehingga menarik bagi anak-anak, berisi permainan untuk mengasah kecakapan Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris atau kecakapan literasi dan numerasi dasar siswa,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Ia juga menambahkan aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet secara langsung, di dalamnya juga tersedia buku elektronik, game, serta video edukatif yang kontennya sudah disesuaikan dengan materi dan tingkat usia anak.

“Tujuan kami visitasi adalah untuk melihat kesiapan sarana dan prasarana, terutama jaringan listrik dan internet, serta jadwal pembelajaran yang akan diintegrasikan dengan program Sekolah Enuma selama satu semester¬† pada tahun ajaran 2021/2022,” imbuhnya.

Nursalam, Kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo menyampaikan bahwa penunjukan sekolah sebagai peserta program ini tertuang dalam SK Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Nomor 58/KEP/I.4/2021 tentang Sekolah Penerima Program Sekolah Enuma Kerjasama Majelis Dikdasmen PPM dengan Lazismu.

Baca juga : Sambut Hari Lansia Nasional, Ini 5 Aktivitas Seru Bareng Kakek dan Nenek Tercinta

 

“Kami siap berkolaborasi menyukseskan program ini, karena tentu sangat bermanfaat bagi sekolah untuk mengakselerasi pembelajaran berbasis digital yang berfokus pada pencapaian kompetensi literasi dan numerasi siswa,” ujarnya.

Sebagai upaya mendukung program tersebut, sekolah menyiapkan tim khusus yang terdiri dari penanggung jawab program, guru sasaran, dan tim IT yang akan mendapatkan pelatihan intensif dari Enuma.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar