SD Muhammadiyah PK Colomadu Efektifkan Pemantauan Siswa Didik Selama Masa Social Distancing Covid-19

SD Muhammadiyah PK Colomadu Efektifkan Pemantauan Siswa Didik Selama Masa Social Distancing Covid-19

SoloposFM, Pascapenatapan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona atau Covid-19 di Kota Solo dan juga indtruksi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk menjaga jarak sosial atau Social Distancing, semua sekolah menghentikan kegiatan belajar mengajar secara langsung. Para siswa diminta untuk belajar dirumah, dan guru memberikan pembelajaran melalui daring bersama orangtua siswa.

Metode ini juga dilakukan di SD Muhammadiyah Program Khusus Colomadu. Semua siswa mereka belajar di rumah sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Cpvid-19.

Azizah Fathiyaturrizqi, guru SD Muhammadiyah PK Colomadu mengungkapkan meskipun semua siswa libur, gurunya tetap masuk untuk berkoordinasi dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. SD Muhammadiyah PK Colomadu membuat kebijakan belajar di rumah sesuai jadwal. Anak-anak diwajibkan belajar dan dibuktikan dengan foto.

Sementara itu, Hervian Prasetyo selaku waka kurikulum SD Muhammdiyah PK Colomadu mengungkapkan pihaknya terus melakukan koordinasi.

“Kami selalu berkoordinasi kepada semua guru, baik guru kelas maupun guru mapel. Saya mewaijbkan guru untuk membuat soal atau tugas yang nantinya harus dikerjakan oleh siswa selama berada dirumah”, jelas Hervian.

Ia menambahkan, tak hanya akademik, pihaknya juga memantau kegiatan keagamaan siswa, seperti setoran tahfidz harian, bacaan iqra’ maupun Al-Qur’an hingga kegiatan shalat wajib.

“Ketika anak mengerjakan soal maupun kegiatan dirumah, harus dibutikan dengan foto maupun video dan dikirimkan ke grup whatsapp. Sudah sepekan ini kami memberlakukan hal tersebut. Melalui jaringan aplikasi WA, guru dan wali murid saling berkomunikasi terkait kegiatan siswa selama belajar di rumah,” pungkas Hervian.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment