SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Ajak Siswa Bermain Sambil Melestarikan Permainan Tradisional

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Ajak Siswa Bermain Sambil Melestarikan Permainan Tradisional

SoloposFM, Ratusan siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, terlihat riang gembira dengan pakaian tradional yang mereka kenakan saat bermain di halaman sekolah, Jumat (17/1/2020). Dalam kegiatan berdurasi dua jam yang diikuti siswa kelas III tersebut, mereka memainkan sejumlah permainan tradisional seperti Gobak Sodor, Dakon, Lompat Tali, Egrang, Jamuran hingga dan Bentik.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jatmiko, mengungkapkan kegiatan ini sebagai upaya pengenalan kembali jenis permainan

“Memanfaat permainan tradisional untuk anak-anak sangat baik. Seperti mengembangkan konsep diri, kreativitas, komunikasi, aspek fisik dan motorik, aspek sosial, aspek emosi atau kepribadian, hingga aspek kognitif,” papar Jatmiko dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Melalui kegiatan ini, menurut Jatmiko siswa diharapkan dapat melestarikan permainan tradisional. Anak-anak juga diajarkan menjadi pribadi unggul, terbuka dan mampu bekerja sama dengan teman.

“Sesuai himbauan Mendikbud Nadiem, belajar tak harus di kelas, merdeka belajar, guru penggerak,” ungkap Jatmiko.

Sementara itu, bagi Gibran, siswa kelas II-B yang juga seorang dalang cilik, mengaku ini pengalaman pertamanya bermain gobak sodor. Meski sulit, ia bisa menyelesaikannya tepat waktu. Sementara Galen, siswa kelas III-C, mengaku sering bermain wayang dan robotik di rumah. Perpaduan permainan tradisional dan modern.

Pengamat Budayawan Solo, Ki Sudarwanto, mengakui anak-anak era sekarang lebih senang menghabiskan waktu luangnya bermain gadget. Akibatnya mereka kurang bersosialisasi dengan anak seusianya. Ia mendukung upaya sekolah untuk menghidupkan kembali permainan tradisional.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment