• Thursday, 20 January 2022
  • Waktu Server 19:28 WIB

RSUP Surakarta Gelar Sosialisasi Kesehatan Lansia

Caption: Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Lansia yang diselenggarakan oleh RSUP Surakarta pada 3-4 November 2021. (Istimewa/RSUP Surakarta)

SoloposFM — Sejumlah 84 peserta yang merupakan perwakilan dari kader dan kelompok lansia dari 28 pos lansia Puskemas Purwosari hadir dalam Sosialisasi Kesehatan Lansia yang diselenggarakan oleh RSUP Surakarta pada tanggal 3-4 November 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Megaland dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Lansia merupakan salah satu kelompok yang lebih rentan terkena masalah kesehatan. Lansia bukanlah suatu penyakit, namun merupakan tahap lanjut dari suatu proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stress lingkungan. RSUP Surakarta mengharapkan agar para lansia tetap dalam kondisi yang sehat sehingga dapat memiliki hidup berkualitas bahkan berkontribusi pada keluarga, lingkungan dan masyarakat. Sayangnya pada rentang usia tersebut kelompok lansia rentan terkena penyakit degeneratif.

Dengan latar belakang tersebut, RSUP Surakarta melakukan upaya pemberdayaan kepada kelompok lansia yang merupakan kerjasama antara RSUP Surakarta dengan Puskesmas Purwosari. Kegiatan dibuka oleh Direktur RSUP Surakarta, dr. Jamilatun Rosidah, MM dan turut hadir memberikan sambutan mewakili Kepala Puskesmas Purwosari, drg. Sri Maharani.

Dalam kegiatan tersebut kelompok lansia diberikan pemeriksaan cek darah gratis dan mendapatkan pemaparan materi dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Dokter Spesialis Syaraf RSUP Surakarta (dr. Makiyatul Munawaroh, Sp.PD; dr. Antary Desvi Dania, Sp.PD dan dr Arif Apriyanto, Sp,N) terkait penyakit degeneratif yang perlu diwaspadai kelompok lansia. Dengan kegiatan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para lansia dalam mengatasi masalah kesehatan dan memotivasi kader dan lansia untuk menularkan gaya hidup sehat kepada anggota keluarga maupun kelompok masyarakat lain.

 

[Diunggah oleh Mita Kusuma]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar