RS Dr. Oen Surakarta Menjadi RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo

RS Dr. Oen Surakarta Menjadi RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo

Aku melangkah lagi, dengan pasti…

SoloposFM, Nukilan lirik lagu Aku Melangkah Lagi dari Vina Panduwinata tersebut menggambarkan spirit RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA hari ini. Di pertengahan tahun 2019 Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr. William Tanoyo, M.Kes ini menggunakan nama baru menjadi RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO. Penggunaan nama baru ini diputuskan oleh YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA (YKPK) saat Rumah Sakit memasuki usia 86 tahun.

Menandai fase tersebut, Rumah Sakit memperkenalkan nama barunya kepada masyarakat dengan menggelar rangkaian kegiatan mulai tanggal 19 Juli hingga 21 Juli 2019. Kegiatan ini selain untuk memperkenalkan, juga untuk kembali menyegarkan memori masyarakat Kota Surakarta yang selama ini lebih sering menyebut Rumah Sakit dengan nama Rumah Sakit Kandang Sapi. Kandang Sapi sendiri merupakan nama kampung dimana Rumah Sakit berlokasi.

Sebagaimana rilis yang diterima Solopos FM, Mengawali rangkaian kegiatan, Rumah Sakit hadir melayani masyarakat yang mengunjungi gelaran Youth Expo 2019 di Solo Paragon Lifestyle Mall. Rumah Sakit mengadakan pemeriksaan kesehatan dengan fasilitas konsultasi dokter dan ahli gizi, analisis BMI (Body Mass Index/ Berat Badan Ideal), pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS), cek tensi, dan snack rendah kalori. Pemeriksaan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 19 – 21 Juli 2019 mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Menyasar lapisan masyarakat lain, Rumah Sakit merangkul jajaran rekan wartawan media massa di Kota Solo untuk memperkenalkan nama terbarunya. Gathering Media Massa digelar pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 di Ruang Triganda A Lantai 3 Gedung Twin Towers. Selain menyediakan wadah sambung rasa dan dialog interaktif antara media massa dengan manajemen, Rumah Sakit juga mengajak para wartawan yang hadir untuk mengenal lebih dekat konsep Healthy area yaitu jalur terpisah antara pasien dan pengunjung dan melihat lokasi pelayanan unggulan dalam sesi hospital tour.

Pada hari yang sama, Klub Donor Darah Rumah Sakit juga menggelar Donor Darah. Kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan Rumah Sakit ini dilakukan mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di Ruang Museum dr. Oen Lantai 1 Gedung Twin Towers. Donor darah ini menyasar masyarakat umum, penunggu dan pengunjung pasien, serta karyawan Rumah Sakit.

Keriuhan momen car free day (CFD) juga dimanfaatkan Rumah Sakit untuk berbagi informasi terkait penggunaan nama RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO. Ratusan pengunjung CFD diajak bergerak penuh semangat dalam senam kesehatan jasmani oleh perawat Rumah Sakit yang juga aktif menjadi instruktur senam sehat Klub Nusa Sweet. Usai senam, pengunjung juga berkesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti yang terdapat di Solo Paragon Lifestyle Mall.

Selain senam, dalam rangka pengenalan nama baru, Rumah Sakit juga turut memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli dengan memberikan edukasi bernuansa gembira kepada anak-anak yang mengunjungi CFD. Melalui wahana Fun Edu Park, anak-anak diajarkan cara cuci tangan 6 langkah, edukasi sikat gigi, serta berfoto dengan properti ala dokter dan perawat.

Latar belakang penggantian nama ini merupakan hasil pertimbangan dari Pengurus YKPK yang sering menjumpai bahwa sebagian masyarakat lebih familiar dengan nama RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO dan karyawan ketika memperkenalkan diri sebagai staf Rumah Sakit kepada teman, relasi, atau bertemu seseorang, selalu mendapat pertanyaan konfirmasi: “Dr. OEN KANDANG SAPI?”. Selain itu dengan menyebut Dr. OEN KANDANG SAPI, akan lebih mudah dikenali saat seseorang hendak menuju Rumah Sakit, dibanding jika mengatakan RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA.

Harapan dan tujuan penggunaan nama baru ini adalah agar lebih dekat dengan masyarakat dan mudah dikenal. Dalam segi pelayanan, Rumah Sakit tetap memegang teguh prinsip dr. Oen, yang diwujudkan dalam The Spirit of dr. Oen The Spirit of Giving dan Melayani Sepenuh Hati yang merupakan bagian dari nilai dan budaya Rumah Sakit sebagai way of life untuk melakukan pelayanan sehingga bisa mencapai top of mind di benak masyarakat Kota Solo dan sekitarnya dengan MENJADI RUMAH SAKIT PILIHAN sesuai dengan VISI RUMAH SAKIT Dr. OEN KANDANG SAPI SOLO.

Instagram

Memasuki usia 86 tahun, RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA memberikan kejutan kepada masyarakat dengan memperkenalkan penggunaan nama baru. Nama apa yang kini disandang oleh Rumah Sakit milik YAYASAN KESEHATAN PANTI KOSALA tersebut? Rumah Sakit pun merangkul berbagai elemen masyarakat untuk memperkenalkan babak barunya melalui rangkaian kegiatan selama 3 hari 3 malam. Simak cerita selengkapnya di www.droenska.com

#droenska #86thdroenska #melayanisepenuhhati #droenkansa #RSSolo

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment