Ribuan Guru dan Siswa Bersiap Rayakan Festival Literasi Nasional Terbesar

Ribuan Guru dan Siswa Bersiap Rayakan Festival Literasi Nasional Terbesar

SoloposFM, Pandemi yang telah melanda selama satu tahun ini, tentu telah mengubah banyak hal di kehidupan kita. Namun, hal itu tidak akan mengubah semangat GMB-Indonesia untuk terus berupaya memajukan budaya literasi dan mutu pendidikan di Indonesia.

 

Selama satu tahun ini, puluhan program literasi GMB-Indonesia telah diikuti oleh ratusan ribu siswa, guru dan masyarakat secara umum. Ribuan buku telah diterbitkan, ratusan ribu siswa dan guru telah mendapatkan pelatihan bersertifikat, dan kini saatnya pesta literasi dan penganugerahan pemenang digelar pada acara Festival Literasi Nasional tahun ke lima.

 

Festival Literasi Nasional merupakan acara yang menjadi puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan, dan penganugerahan, atas setiap program-program literasi yang diselenggarakan oleh GMBIndonesia sepanjang tahun. Melalui acara ini, GMB-Indonesia menciptakan ruang yang mempertemukan pegiat literasi dan pendidikan di seluruh Indonesia untuk berbagi inspirasi dan suka cita bersama, sekaligus menganugerahkan ribuan penghargaan dan total hadiah ratusan juta rupiah.

 

“Festival Literasi Nasional didesain untuk menjadi puncak apresiasi bagi semua partisipan program. FLN juga menjadi ruang yang mempertemukan berbagai gagasan dan inovasi dari pegiat literasi dan pendidikan di seluruh Indonesia. Karena Festival Literasi Nasional akan dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari akademisi, pegiat literasi, jajaran instansi pemerintahan, komunitas, hingga perusahaan peduli pendidikan,” ujar Lenang Manggala, Founder GMB-Indonesia.

 

Diselenggarakan virtual

 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan di tahun ke-5 ini akan dilaksanakan secara virtual karena masih di tengah masa pandemi koronavirus. Festival Literasi Nasional 2021 berisi beberapa rangkaian acara mulai dari praacara hingga acara puncak.

 

“Kami mendukung upaya pemerintah untuk menekan penyebaran coronavirus. Maka, FLN di tahun ini kami sajikan dalam bentuk virtual pada 21 sampai 23 Maret 2021. Sejauh ini, ribuan siswa dan guru telah mendaftar dan siap merayakan pesta literasi. Kami tengah menyiapkan berbagai program dan teknologi yang dibutuhkan, mengingat acara ini berpotensi melibatkan puluhan ribu pegiat literasi dan pendidikan dari seluruh Indonesia,” ujar Rendy Langgeng, selaku Ketua Penyelenggara.

Praacara FLN 2021 meliputi acara webinar Akademika Litera dan acara Nyala Kreatif. Akademika Litera merupakan ajang pertemuan virtual bagi kepala sekolah, guru, siswa, dan penulis seluruh Indonesia untuk berbagi gagasan dan inovasi pendidikan di masa pandemi.

 

Akademika Litera disiarkan melalui Zoom dan kanal YouTube GMB-Indonesia pada 15-18 Februari 2021. Praacara kedua yaitu Nyala Kreatif yang merupakan ajang pertunjukan bakat siswa dan guru peserta Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional 2020 (GSMB Nasional 2020) secara virtual. Sekolah-sekolah yang berpartisipasi telah mengirimkan video pertunjukan karya siswa maupun guru di sekolahnya untuk ditampilkan dalam kanal YouTube GMB-Indonesia.

 

“Acara Puncak FLN 2021 yang akan diselenggarakan selama tiga hari ini adalah bukti komitmen dari seluruh pegiat literasi dan pendidikan di Indonesia untuk tetap berkarya dan berkontribusi pada bangsa, apapun tantangannya,” pungkas Lenang.

 

Informasi lengkap mengenai Festival Literasi Nasional 2021 dapat diikuti melalui www.festivalliterasinasional.com

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!