• Monday, 6 - 02 - 2023
  • Waktu Server 04:05 WIB

Rayakan Anniversary Ke-5, POP! Hotel Solo Gelar Workshop Ecoprint Bareng UMKM Solo Preneur

Caption: Kegiatan ecoprinting di Pitstop Cafe POP! Hotel Solo, pada Senin (16/1/2023). (Istimewa)

RadioSolopos Memperingati hari jadi POP! Hotel Solo yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2023 lalu, POP! Hotel Solo kembali menjalin kerjasama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada kesempatan kali ini, POP! Hotel Solo mewadahi Workshop Ecoprint dari UMKM Solo Preneur.  UMKM Solo Preneur adalah salah satu UMKM di Kota Surakarta, Jawa Tengah yang membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang ingin belajar lebih banyak mengenai kerajinan tangan.

Ecoprint merupakan sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Marketing & Branding HARRIS Hotel & Conventions, Katarina Jessica menambahkan bahwa tim dari UMKM Solo Preneur melangsungkan kegiatan ecoprinting di Pitstop Cafe POP! Hotel Solo dan workshop hand made lainnya di lobby hotel. Para tamu dapat sekaligus melihat dan belajar kerajinan tangan.

“Nantinya tim dari UMKM Solo Preneur akan langsung melakukan ecoprinting di pitstop cafe & produk hand made lainnya di lobby hotel sehingga dapat disaksikan langsung oleh tamu, jadi akan disediakan space di area lobby,” ujar Katarina.

Kegiatan Workshop Ecoprint ini digelar pada 16 Januari 2023 pukul 15.00 di Pitstop Cafe POP! Hotel Solo. Solo Preneur juga akan memberikan kesempatan bagi tamu yang hadir untuk ikut serta mencoba belajar ecoprinting di kain yang nantinya akan disediakan.

Pengunjung dapat memilih bahan yang nantinya akan dicetak dan bisa dibawa pulang dengan hanya membayar harga barangnya saja.

Selain dalam rangka memperingati hari ulang tahun, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya POP! Hotel Solo untuk mendukung pelestarian lingkungan karena bahan yang digunakan merupakan bahan alami.

Pihak Solo Preneur juga menyatakan bahwa pewarnaan ecoprint merupakan suatu inovasi baru dalam teknik pewarnaan kain.

Selain pada hari khusus, pihak POP! Hotel Solo juga menyediakan tempat dan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk menawarkan produknya kepada para tamu setiap weekend.

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar