• Sunday, 27 - 11 - 2022
  • Waktu Server 13:10 WIB

Pospenas IX 2022 di Solo Dibuka Menteri Agama

Caption: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka beserta rombongan kirab obor Pospenas 2022 memasuki halaman Balai Kota Solo, Selasa (22/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

SoloposFM – Kementerian Agama akan menggelar Pekan Olahraga dan Seni Antarpesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX. Pospenas IX 2022 akan diselenggarakan di Kota Surakarta mulai 23 – 27 November mendatang. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dipastikan akan membuka event tersebut pada Rabu (23/11) malam di kawasan Manahan, Solo.

Gelaran tersebut mengambil tema Gerak Santri, Bangkit Negeri. Tema ini sesuai dengan salah satu tujuan digelarnya kegiatan, yaitu memupuk persatuan, persahabatan, dan persaudaraan antarsantri.

Penyelenggaraan Pospenas 2022 ini diharapkan dapat menghasilkan calon atlet dan seniman unggul yang mendukung khazanah keislaman. Sebanyak 2.839 partisipan yang terdiri dari 813 atlet, 870 peserta seni, dan 1.156 ofisial akan memeriahkan gelaran tiga tahunan tersebut.

Dilansir dari Antara, saaat ini menurut data Kemenag, terdapat 4,5 juta pondok pesantren yang menaungi 37,6 juta santri. Para peserta akan memperebutkan 312 tropi yang akan dipertandingkan di sejumlah cabang olahraga dan seni.

Cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan mencangkup atletik (lari, lompat jauh, tolak peluru), senam santri, senam SKJ, tenis meja, sepak bola, pencak silat, pidato tiga bahasa, film pendek, kaligrafi, hadrah, dan stand up comedy.

Baca juga: Disbudpar Solo Punya Aplikasi Let’s Go To Solo, Bisa Live Chat Juga Nih Sob!

 

Gibran Berlari Bawa Obor Pospenas

Ratusan pelajar memberikan semangat kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang berlari bawa obor Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional atau Pospenas IX dari Stadion Sriwedari ke Balai Kota Solo, Selasa (22/11/2022).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa sekitar pukul 11.00 WIB, Wali Kota Solo menerima obor yang telah diberangkatkan dari Mrapen, Grobogan, Jateng, itu di area parkir Stadion Sriwedari.

Gibran lalu berlari menuju Balai Kota Solo melewati Jl Bhayangkara dan Jl Sriwedari. Ratusan pelajar mulai jenjang TK sampai SMA dan sederajat berbaris di tepi Jl Bhayangkara dan Jl Slamet Riyadi.

Sebelumnya, Kirab Obor Pospenas IX diberangkatkan dari Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022) pukul 07.00 WIB.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, bersama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag), Waryono Abdul Ghafur, melepas obor untuk dibawa ke Kota Solo.

Dalam kirab ini, obor yang menyala dibawa dua pelari yang didampingi dua pelari cadangan dan empat pembawa bendera. Mereka dikawal oleh kendaraan voorijder dan diikuti sejumlah mobil MPV, double cabin, bus medium, dan ambulans.

Baca juga: Kampanye ‘Kerja Keras Bebas Cemas’, Dirut BP Jamsostek: Silahkan Fokus Kerja Keras, Kecemasan Resikonya Pindahkan Ke Kita

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar