Persiapan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Menuju Kenormalan Baru Pendidikan

Persiapan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Menuju Kenormalan Baru Pendidikan

SoloposFM, Seiring kebijakan pemerintah untuk menerapkan pola hidup kenormalan baru Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Jawa Tengah, merespon dengan melakukan penataan hingga pembahasan penyesuaian jam belajar. Kenormalan baru atau New Normal merupakan pola hidup baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Diskusi intensif dilakukan untuk merencanakan penerapan kenormalan baru di lingkungan sekolah pada Jumat, (29/05/2020) oleh Kepala Sekolah, Sri Sayektiv bersama Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Solo, Drs H Tridjono. Hadir juga Wakil Kepala Sekolah dan staf bidang Kurikulum SW Winarsi, Waka Kesiswaan Imam Priyanto, Waka Sarpras Jaka Prasetya, Waka AIK Ahmad Syaifuddin, Waka Humas Jatmiko, Petugas BUM’s Nurtiningsih, Petugas Dapur Sehat Eny Khusnul Khotimah dan Kru Securty Slamet Widodo.

Menurut Sayekti, sejumlah skenario dipersiapkan. Diantaranya siswa hadir pukul 07.15 WIB dan pukul 08.00 WIB, sementara kehadiran guru pukul 07.00 WIB. Orang tua siswa wajib mengantar dan menjemput tepat waktu untuk menghindari kerumunan di lobi.

“Kami tetap menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Tapi sejumlah persiapan telah kami lakukan,” kata Sayekti dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Pihak sekolah dalam hal ini Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bekerja sama dengan Puskesmas Stabelan dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Sekolah juga menuediakan fasiliats kebersihan, diantaranya hand sanitizer 75 % alcohol, kampanye germas cuci tangan pakai sabun, kampanye etika batuk dan berludah, anjuran olahraga, hingga peringatan untuk menghindari penggunaan alat pribadi bersama dan tidak menggunakan uang tunai.

Point Rencana Kenormalan Baru Muhi

  1. Kewajiban memakai masker di lingkungan sekolah
  2. Siswa, guru, karyawan, orang tua siswa dan tamu wajib cuci tangan
  3. Siswa, guru dan karyawan yang sakit dilarang masuk sekolah hingga sembuh
  4. Tidak ada jabat tangan
  5. Melakukan pengukuran suhu tubuh sebelum masuk area sekolah
  6. Physical Distancing atau menjaga jarak 1 hingga 1,5 meter dalam semua aktifitas belajar dan bekerja.
  7. Satu kelas menempati 2 lokal kelas
  8. Kombinasi pembelajaran 50 % tatap muka dan 50 % daring serta ada ekstrakulikuler
  9. Penyediaan tempat cuci tangan 54 unit, dan toilet 33 unit
  10. Operasiol kantin dan dapur sekolah mengikuti SOP khusus

Dukungan Majelis Dikdasmen PDM Kota Solo

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Solo, Drs H Tridjono mengungkapkan apresiasinya dan dukungannya terhadap sekolah yang mempersiapkan kenormalan baru pendidikan.

“Kalau sudah memungkinkan sebaiknya kita mulai dengan catatan tetap mematui aturan yang berlaku. Baik aturan dari persyarikatan maupun negara. Tapi jangan lupa sosialisasi kepada wali murid, masyarakat dan instansi terkait demi kemajuan sekolah kita,” ungkap Tridjono.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!