Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Tengah Pandemi Covid-19

Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Tengah Pandemi Covid-19

SoloposFM, Untuk pertama kalinya, sejumlah anak-anak kelas II SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environmental Day secara online, Jumat (5/6/2020). Kondisi ini berbeda dari tahun-tahun sebelum adanya wabah virus Corona atau Covid-19

Wakil Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jatmiko menjelaskan, dunia saat ini memang sedang menghadapi siruasi pandemi virus corona baru atau Covid-19. Untuk itu keperdulian terhadap lingkungan sangat penting.

“Peduli agama, manusia, lingkungan dan sistem adalah 4 pilar yang harus di ajarkan kepada anak-anak sejak dini. Keputusan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah perlu terus digalakkan untuk maju bersama bergotong royong lawan penyebaran Covid-19,” ujar Jatmiko dalam rilis yang terima Solopos FM.

Tema HLH Sedunia tahun 2020 ini adalah Biodiversity atau Keanekaragaman hayati, dengan slogan “Time for nature”. Peran anak bangsa sangat penting dalam mencegah hilangnya keanekaragaman hayati dan melestarikan alam untuk masa depan kita.

Peran Guru

Jatmiko menambahkan, di tengah pandemi, guru bisa terus berperan membimbing siswanya, tidak hanya dalam pelajaran, tapi juga gerapan pelestarian lingkungan. Guru dan peserta didik dapat memanfaatkan kelas maya secara gratis, seperti google calssroom, schoology, dan program sejenis.

Antusiasme pelestarian lingkungan, diungkapkan oleh Rasya Muhammad Athaya, siswa kelas II. Ia mengirimkan kampanyenya kepada sang Wali Kelas, Dwi Suparwanto SPd via WhatsApp.

“Hemat penggunaan air, buang sampah pada tempatnya berprinsip 3 R (Reduce, Reuse, Recycle), kurangi polusi udara, gaya hidup sehat dan sederhana, menanam pohon, peduli dan ikut serta menjaga lingkungan dengan aksi nyata,” ajak Rasya sambil tersenyum.

Sementara itu, siswa kelas II lainnya, Belva menulis surat tentang bagaimana cara memahami pentingnya keanekaragaman hayati. Daintaranya dengan mengenal hewan, persilangan hewan, hingga membedakan hewan jantan maupun betina.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!