• Sunday, 27 - 11 - 2022
  • Waktu Server 11:24 WIB

Pentingnya Edukasi Kesehatan Bagi Masyarakat

Caption: (Freepik)

SoloposFM – Masalah kesehatan masih menjadi tantangan bagi Pemerintah dan masyarakat di Tanah Air. Di sisi lain, pandemi Covid-19 menjadi moment krusial untuk kembali menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh. Kesadaran menjaga kesehatan tubuh ini sangat perlu untuk terus ditumbuhkan, terutama sebagai persiapan Indonesia menuju endemi Covid-19.

Terlebih, justru di saat kasus Covid-19 melandai, Indonesia juga menghadapi berbagai permasalahan kesehatan, baik masalah kesehatan yang menular dan tidak menular yang disebabkan oleh faktor lingkungan, gizi dan nutrisi serta berbagai faktor lainnya. Pengurus Pusat IAKMI Dr. CSP Wekadigunawan, menyebut bahwa pendekatan One Health yang melibatkan multistakeholders baik dari pakar, pemerintah, industri maupun masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya permasalahan kesehatan lainnya. Untuk itu, dibutuhkan edukasi kesehatan masyarakat secara berkesinambungan dari berbagai pihak, seperti halnya yang dilakukan Danone Indonesia bersama Asosiasi Media Siber Indonesia.

Berbicara masalah kesehatan, tidak terlepas dari asupan nutrisi umum dan hidrasi tubuh untuk mempertahankan fungsi vital serta kekebalan tubuh. Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, memastikan hidrasi yang tepat juga merupakan hal yang penting agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Air yang mengandung mineral, akan membantu kecukupan mineral dalam tubuh. Meski dalam jumlah kecil, mineral ini sangat kita diperlukan.

Seperti disampaikan Ketua Dep. Ilmu Gizi FKUI Nurul Ratna, saat workshop cyber media forum tentang “Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menuju Endemi COVID-19”, pada Rabu (21/9/2022). Ia menjelaskan terkait pentingnya hidrasi sehat bagi keluarga. Nurul menyebut, hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 1 dari 5 anak-anak dan remaja belum cukup minum, dan 1 dari 4 orang dewasa belum cukup minum. Menurutnya, hal itu terjadi karena masih banyak orang yang tidak menyadari besarnya fungsi air dalam tubuh.

Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup sehat memang bukan perkara yang mudah. Kebiasaan-kebiasaan serta perilaku hidup sehat yang seharusnya diterapkan, tidak begitu saja dapat diadaptasi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar