Pembelajaran Via Radio, Alternatif di Tengah Pandemi Covid-19

Pembelajaran Via Radio, Alternatif di Tengah Pandemi Covid-19

SoloposFM, Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ketelan Solo berupaya tetap melaksanakan proses belajar terarah, terukur dan berkemajuan di tengah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) melalui berbagai strategi penyelenggaraan pembelajaran. Dalam upaya pemenuhan hak peserta didik, sekolah berinovasi kombinasikan Youtube dan Radio sebagai metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang bisa dimanfaatkan, maksinal dan optimal.

“Anak terlindungi, Indonesia maju. Hal ini yang mendorong sekolah untuk terus berinovasi melalui radio streaming dan live youtube radio solo belajar, serta peluncuran https://majalahtumel.sdmuh1solo.com,” ujar Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Sri Sayekti, dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Di tahun pelajaran 2020/2021 semester 1, sekolah masih melakukan pembelajaran jarak jauh karena masih pandemi. Alasan pemilihan pembelajaran via radio, karena jangkuannya sangat luas. Tidak hanya siswa Muhammadiyah 1 Ketelan Solo saja yang mengaksesnya, tetapi seluruh siswa-siswi Indonesia.  Untuk menjamin kualitas pembelajaran melalui radio, siswa kemudian diberi tugas seputar materi yang disampaikan.

Radio Solo Belajar (RSB), adalah Radio sekolah streaming pertama dan satu-satunya di Kota Solo. Visinya adalah menjadi radio siaran pendidikan yang menebar PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan di Surakarta, Indonesia dan Dunia Pendidikan.

“Radio merupakan media penyampai pesan suara melalui gelombang elektromagnetik. mudah terjangkau oleh masyarakat umum dari berbagai strata sosial. Silakan download listen my radio. Keyword RSB,” uncap Sayekti.

Membangun Relasi Antar Keluarga

Pembelajaran jarak jauh, via radio maupun youtube diharapkan mampu membangun relasi yang lebih secara emosional dalam sebuah keluarga di tengah pandemi Covid-19. Relasi antara orang tua dengan anak perlu dibangun dengan maksimal supaya menumbuhkan hubungan yang lebih harmonis dan mantap gotong royong dalam keluarga untuk mengeratkan relasi yang sudah terjalin secara emosional dalam keluarga melalui pendampingan orang tua/wali kepada anak dalam proses PJJ dengan radio.

“Kegiatan siaran sudah disiapkan oleh tim RSB dengan dua sesi yaitu pendidikan karakter, pendidikan agama islam dan pembelajaran tematik. Di mana guru secara terjadwal mulai pukul 12.30 WIB hingga 14.30 WIB. Harapannya bisa menambah khasanah dan dapat diakses seluruh anak Indonesia, mari bangun PHBS dan jangan abai menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun dengan iar mengalir,” pungkas Sayekti.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!