• Monday, 29 November 2021
  • Waktu Server 05:50 WIB

Musik Daur Ulang: “Tak Kuduga” dari Ruth Sahanaya hingga Yura Yunita

Caption: Erwin Gutawa dan Yura Yunita memopulerkan kembali lagu lawas "Tak Kuduga". (Instagram/@eg.erwingutawa)

SoloposFM, Penikmat musik Tanah Air pasti sudah tak asing dengan lagu lawas berjudul “Tak Kuduga”. Lagu ini sempat ramai terdengar lagi kala dirilis ulang oleh Yura Yunita. Sebelum versi Yura muncul, tembang ini sempat populer kala Ruth Sahanaya membawakannya di tahun 1989 silam. Lagu yang tergabung dalam album studio kedua dari Ruth ini rilis pada 1989 dengan judul yang sama.

Berisi sepuluh buah lagu, single “Amburadul” dan “Tak Kuduga” berhasil menjadi hits. Tak hanya hits, album ini juga berprestasi. Pada 1989, album “tak Kuduga” mendapatkan Penghargaan Album Pop Kreatif terlaris dalam BASF award 1989.

Baca juga: Perpanjangan PTM, Kadisdik Solo: Butuh Kolaborasi Pengawasan Sekolah, Ortu dan Masyarakat

Versi anyar lagu Tak Kuduga pun muncul 9 September 2021 kemarin. Erwin Gutawa, sang pencipta lagu lah yang memutuskan untuk kembali menaikkan pamor lagu tersebut. Versi teranyar ini hadir dengan aransemen yang jauh lebih kekinian. Dalam penggarapannya, Erwin melibatkan penata musik ternama Amerika Serikat, Chris Gehringer.

Untuk urusan vokal, ayah Gita Gutawa ini memiliki alasan tersendiri ketika menunjuk Yura Yunita untuk menyanyikan lagu tersebut. Menurutnya, karakter suara Yura sangat cocok untuk membawakan lagu ini sehingga mampu menyatu dengan lagu lawas ciptaannya tersebut. Lewat versi baru ini, Erwin berharap dapat membangkitkan nostalgia para pendengarnya. Selain itu, perilisan lagu ini merupakan upaya untuk melestarikan musik Indonesia.

Musik Daur Ulang Solopos FM

Sobat Solopos yang ingin mengetahui cerita di balik lagu yang di daur ulang dan mendengarkan langsung lagunya, jangan lewatkan Musik Daur Ulang Solopos FM. Hadir setiap Kamis, pukul 18.00-19.00 WIB. Sobat bisa menyampaikan opini melalui whatsapp ke 081226103103.

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar