• Monday, 27 September 2021
  • Waktu Server 22:55 WIB

Musik Daur Ulang: Lenggang Puspita Versi Afgan Beri Nuansa Baru Karya Guruh Soekarno Putra

Caption: Afgan (Sumber Foto: Solopos.com)

SoloposFM, Lenggang Puspita adalah salah satu lagu lawas legendaris tahun 1986. Lagu tersebut merupakan ciptaan seniman, musisi, sekaligus pencipta lagu asal Indonesia, Guruh Soekarno Putra. Lenggang Puspita merupakan bagian dari album milik Guruh yang bertajuk Puspa Ragam.

Lagu tersebut kemudian dinyanyikan oleh beberapa penyanyi dengan versi mereka masing-masing. Lenggang Puspita versi Achmad Albar rilis pada 16 Mei 1997 di bawah label Digital Pelangi Musik. Kemudian  pada 1 Juni 1998 Carlo Saba merilis versinya di bawah label Musica Studio’s. Dari kedua versi tersebut, versi Achmad Albar berhasil meledak  meledak di pasaran.

Pada tahun 2019, Lenggang Puspita versi baru muncul kembali. Versi tersebut dilantunkan oleh Afgan. Lagu tersebut pertama kali muncul pada konser bertajuk Dekade.

Baca juga: Anak Berkebutuhan Khusus di Tengah Pandemi, Psikolog PLDPI: Susah Adaptasi Daring, Perlu Proses Dan Kesabaran

 

Tak cukup hanya dibawakan saat konser, lagu tersebut akhirnya rilis ke publik. Perilisan Lenggang Puspita versi Afgan tersebut telah berlangsung sekitar Agustus 2019 lalu. Afgan pun mengaku bahwa lagu tersebut merupakan lagu favoritnya sejak kecil, kala itu Achmad Albar yang membawakannya.

Munculnya lagu dengan versi baru ini membuat lagu Lenggang Puspita makin menarik. Pasalnya lagu versi baru ini terkesan lebih modern tetapi masih membawa nuansa jadul. Tak kalah menarik, lagu karya Guruh tersebut selalu berhasil membawa kesan “Indonesia” yang kental bagi pendengar.

Sementara itu, perilisan lagu daur ulang Guruh Soekarnoputra ini bukan kali pertama. Sebelum Afgan, ada Noah, Iwan Fals, D’Masiv, dkk yang turut membawakan kembali lagu-lagu milik Guruh.

 

Musik Daur Ulang SoloposFM

 

Sobat Solopos yang ingin mengetahui cerita di balik lagu yang di daur ulang dan mendengarkan langsung lagunya, jangan lewatkan Musik Daur Ulang Solopos FM. Hadir setiap Kamis, pukul 18.00-19.00 WIB. Sobat bisa menyampaikan opini melalui WA ke 081226103103.

 

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar