• Monday, 16 May 2022
  • Waktu Server 14:38 WIB

Musik Daur Ulang Ala K-Pop, Dari JLo, BoA Hingga BTS

Caption: Cover album BTS "Come Back Home" (sumber foto : kumparan)

SoloposFM, Banyak yang belum tahu bahwa musisi Korea yang paling popular ternyata pernah mendaur ulang lagu dari musisi kenamaan, seperti Jennifer Lopez, Luis Fonsi dan yang lainnya.

Dikutip dari Jawapos, ketika industri K-pop diwarnai dengan lagu asli yang menarik penggemar dari seluruh dunia, fakta mencengangkan ternyata sejumlah lagu yang dibanggakan merupakan daur ulang dari lagu lama.

Sebagaimana dilansir billboard.com lagu dari Baby V.O.X yaitu Play Remix yang rilis pada 2004, ternyata lagu yang sama dinyanyikan Jennifer Lopez pada 2001.

Baby VOX adalah grup K-pop Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 1997. Formasi terakhir dan paling terkenalnya terdiri dari Kim EZ, Lee Hee-jin, Kan Min-youn, Shim Eun- jin, dan Yoon Eun-hye.

Mereka dianggap sebagai salah satu girl grup K-pop “generasi pertama” yang paling menonjol di akhir 1990-an dan awal 2000-an bersama dengan SES dan Fin.KL, dan mereka diakui sebagai salah satu grup di garis depan Korean Wave, setelah menembus pasar Cina. Grup ini merilis tujuh album studio dan dibubarkan pada tahun 2006.

Baca juga : Satu Halaman Komik Spider-Man Terjual dengan Rekor Lelang $3,36 Juta

 

BoA Hingga BTS

 

Hits single Spark dari BoA yang rilis pada 2004, lagu aslinya ternyata dinyanyikan oleh Luis Fonsi dengan judul Keep My Cool pada 2002.

Luis Alfonso Rodríguez López-Cepero, yang dikenal dengan nama panggungnya Luis Fonsi, adalah penyanyi, penulis lagu dan aktor Puerto Riko-Amerika, yang namanya melejit lewat lagu “Despacito”.

 

 

Sedangkan Kwon Bo-ah yang  dikenal secara profesional sebagai BoA, adalah penyanyi, penulis lagu, penari, produser rekaman, dan aktris Korea Selatan. Ia adalah salah satu artis Korea paling sukses dan berpengaruh, yang dijuluki “Ratu K-pop.”

Sementara lagu Come Back Home milik BTS. Lagu ini rilis pada 2017. Namun taukah Sobat, lagu ini sebelumnya dinyanyikan oleh Seo Taiji & Boys pada 1995.

Bisa dibilang Seo Taiji and Boys adalah artis Korea yang menentukan tahun 1990-an, jadi masuk akal bagi mereka untuk berkolaborasi dengan salah satu grup K-pop terbesar tahun 2010-an, BTS!

BTS telah merekam sebuah cover dari grup veteran tahun 1995 gangster rap klasik “Come Back Home” untuk album kolaborasi baru Seo Taiji, Seo Taiji 25 Project [Time: Traveler].

BTS menawarkan sentuhan modern pada trek sambil tetap setia pada suara aslinya, menjadikannya remake yang sempurna – dan semua orang/fans mereka tampaknya setuju. “Come Back Home” langsung menerima pujian saat dirilis pada 2017.

 

Musik Daur Ulang Solopos FM

 

Sobat Solopos yang ingin mengetahui cerita di balik lagu yang di daur ulang dan mendengarkan langsung lagunya, jangan lewatkan Musik Daur Ulang Solopos FM. Hadir setiap Kamis, pukul 18.00-19.00 WIB. Sobat bisa menyampaikan opini melalui whatsapp ke 081226103103.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar