Muhammadiyah Solo Terbitkan Juz ‘Amma Panduan Irama Nahawand

Muhammadiyah Solo Terbitkan Juz ‘Amma Panduan Irama Nahawand

SoloposFM, Majelis Pendidikan Dasar dan Menegah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo menerbitkan juz ‘amma Irama Nahawand, Sabtu (24/4/2021). Buku panduan tahsin tilawah al Qur’an dengan irama Nahawand Perguruan Muhammadiyah Kota Surakarta memuat tuntunan bagaimana membaca al Qur’an dengan menggunakan irama.

Penyusunan buku panduan ini untuk membantu para guru peserta didik di sekolah/madrasah Muhammadiyah Kota Solo yang selama ini lagu dan irama masih berjalan sendiri-sendiri dan bervariatif. Dengan adanya panduan diharapkan ada keseragamam, sen ada dan seirama.

 

Baca juga : Kobarkan Semangat Kartini, ShopeePay Ajak Perempuan Maju Bersama Raih Kesuksesan Bisnis dengan Melek Digital

 

“Al Qur’an yang merupakan kitab suci kaum muslimin cara membacanya tidak sama dengan membaca buku-buku berbahasa Arab. Maksudinya adalah ada aturan-aturan khusus dalam membacanya. Dengan berjalannya waktu insya Allah ke depan karakter dan ciri khususnya akan muncul dengan bimbingan guru-guru didampingi team Nahawand dengan koordinasi dan supervisi team PTT Majelis Dikdasmen,” ujar Ketua Tridjono, Ketua Majelis Dikdasmen Solo dalam riilis yang diterima Solopos FM.

Sementara itu, Jatmiko, Humas team Program Tahsin dan Tilawah (PTT) mengungkapkan para ulama sepakat bahwa membaca al Qur’an dengan cara khusus, yaitu dengan kaidah tajwid, hukumnya wajib. Kerana kesalahan bacaan panjang pendek kata, tebal tipisnya huruf, mendengung atau jelasnya kata yang diucapkan, kemungkinan akan mengubah makna.

“Sifat lagu nahawand mempunyai gerak ringan, lemah lembut yang mengharukan, sesuai dengan tingkatan suara yang sederhana. Kegunaan lagu Nahawand melembutkan suatu bacaan, membawa rasa khusu’ dan keinsafan, memberi penyesuaian ayat yang menunjukkan ayat gembira dan sedih,” papar Jatmiko.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment