• Friday, 19 August 2022
  • Waktu Server 02:58 WIB

Mengalami Bibir Kering Saat Bulan Puasa? Atasi Dengan 5 Cara Ini Sob!

Caption: Bibir Kering saat Bulan Puasa (Freepik)

SoloradioFM, Selama berpuasa, kita harus bisa menahan haus selama 13 jam. Dengan begitu, asupan mineral menjadi lebih berkurang dari waktu biasanya. Pastinya hal ini membuat tenggorokan dan juga bibir Sobat menjadi kering saat puasa.

Hal ini dapat memicu rasa kurangnya percaya diri terhadap penampilan Sobat. Meskipun menggunakan lipstick, namun bibir Sobat bisa terlihat kusam dan pecah-pecah. Namun Sobat tidak perlu lagi untuk khawatir. Dari yang sudah dikutip dari laman Popbela, berikut beberapa cara untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

 

Kebutuhan cairan tubuh sangat lah penting untuk Sobat perhatikan. Apa lagi saat bulan puasa, hal ini dapat memicu keringnya tenggorokan dan bibir pecah-pecah. Kebutuhan mineral dapat berpengaruh terhadap kadar Kelembapan bibir Sobat.

Untuk meningkatkan kadar mineral dalam tubuh, Sobat bisa mengatasinya dengan meminum air putih yang cukup. Kemudian juga bisa menerapkan 3-2-3 sebagai pacuan untuk meminum air putih, yaitu tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan tiga gelas saat malam hari. Hal ini akan membantu menjaga kelembapan bibir kita.

Baca Juga: Perut Mual Saat Berpuasa? Berikut Beberapa Tips Mengatasinya 

 

 

 

Hindari Makanan Asin dan Pedas Ketika Sahur atau Berbuka

 

Makanan asin dan pedas merupakan kedua menu yang paling susah untuk tidak dikonsumsi. Namun jika Sobat ingin menjaga kelembapan bibir sobat, pastikan untuk menghindari jenis makanan ini. Karena makanan asin yang terdapat garam yang mengikat cairan di dalam tubuh dan juga makanan pedas yang akan mebuat lebih haus.

 

 

Hindari berbuka dan sahur dengan minuman yang mengandung kafein

 

Hindari mengonnsumsi kafein saat berbuka maupun sahur. Karena kafein dapat mempengaruhi tingkat kelembapan kulit sobat dan juga pastinya akan mempengaruhi kelembapan bibir. Gantilah kafein dengan minuman lain seperti green tea atau chamomile.

 

 

Rutin Mengeksfoliasi Bibir

 

Adanya sel kulit mati yang menumpuk membuat bibir Sobat menjadi kering. Lakukan eksfoliasi bibir sebanyak dua atau tiga kali dalam satu minggu untuk membantu menjaga Kelembapan bibir Sobat. Aplikasikan secara perlahan agar tidak terjadi iritasi.

 

 

Jangan Lupa Aplikasikan Lip Balm

 

Lipbalm menjadi salah satu hal yang dapat mengatasi bibir kering. Pilihlah lipbalm yang cocok dnegan bibir Sobat dengan kandungan vitamin E di dalamnya. Lipbalm bisa dikenakan dimanapun dan kapanpun dan akan membuat bibir Sobat lembap.

 

 

Di atas merupakan beberapa tips untuk mecegah Sobat mengalami bibir kering saat puasa. Sobat bisa menerapkan tips di atas untuk menjaga kelembapan bibir selama berpuasa.

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar