• Monday, 6 - 02 - 2023
  • Waktu Server 03:10 WIB

Membawakan Tema Kritik-Otokritik, Efek Rumah Kaca Rilis Album Keempat “Rimpang”

Caption: Efek Rumah Kaca (Spotify)

Radio Solopos, Band unit indie asal Jakarta, Efek Rumah Kaca (ERK), segera merilis album keempat mereka pada 27 Januari 2023 dengan masih membawa semangat kritik-otokritik, kesah, serta gelisah.

Efek Rumah Kaca belum merilis album penuh sejak “Sinestesia” menyapa Penerka pada akhir tahun 2015. Band yang terdiri dari Cholil Mahmud (vokal/gitar), Poppie Airil (vokal/bas), Akbar Bagus Sudibyo (drum) dan Reza Ryan (gitar) ini sempat merilis mini album “Jalan Enam Tiga” pada 2020 lalu. Sejak itu, perlahan band ini mengumpulkan lagu, mengaransemen, membongkar ulang, hingga menyelesaikan proses rekaman sepuluh lagu di dalam album “Rimpang”.

“Saya dan Reza mewakili dua personel lainnya yang sedang berada di Amerika, mengucapkan terima kasih atas dukungan smeua orang di album ini. Kami merasa bersukacita sekaligus agak deg-degan juga karena akhirnya bisa merilis album penuh baru,” kata Akbar Bagus Sudibyo selaku drummer ERK.

“Rimpang” sendiri merupakan salah satu judul lagu di album ini yang dianggap paling tepat untuk mewakili pesan ERK. Terinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari, “Rimpang” merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan kecil hingga besar muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi, serta menjalar secara diam-diam.

Efek Rumah Kaca merupakan band yang terkenal karena selalu mencantumkan diksi-diksi unik semacam opresi atau klandenstin dalam larik-larik lagu mereka di album “Rimpang”. Meski begitu, album yang berisi kritik sosial ini juga masih sangat bisa dinikmati dan terdengar manis, salah satu lirik  dari lagu “Tetaplah Terlelap” yang menarik perhatian adalah ‘orang-orang akan menyelimutimu, harapan jenak selalu tidurmu’.

Selain lagu “Tetaplah Terlelap”, terdapat juga lagu “Kita yang Purba” yang cenderung easy-listening namun hadir dengan riff gitar tebal dan mudah diingat. Efek Rumah Kaca menutup eksplorasi penjelajahan waktu mereka dengan amat tepat lewat lagu “Manifesto” dengan ambience nada-nada yang berpotensi membius Penerka. Total terdapat sepuluh lagu dalam album “Rimpang” yang bernaung di bawah Idiiw Records ini.

Baca juga : Aimee Saras Beberkan Cerita Pembuatan Lagu “Lara” Yang Mempunyai Pesan Mendalam

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar