• Thursday, 30 June 2022
  • Waktu Server 05:25 WIB

Kimia Farma Peduli Tenaga Kesehatan Melalui Gerakan “Kita Bersama Nakes”

Caption:

[SPFM] Gerakan Sosial “Kita Bersama Nakes” merupakan inisiatif PT Kimia Farma Tbk. bersama dengan anak usahanya PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) sebagai Respon Cepat Cepat atas lonjakan pasien terpapar Covid-19 pada pertengahan Juni 2020 yang salah satunya akibat penularan varian Delta.

Hal ini diungkapkan Agus Chandra, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) dalam Bincang Spesial SoloposFM, Selasa (31/8/2021. Diketahui, KFD merupakan anak usaha PT Kimia Farma Apotek. KFD Mengelola 422 klinik dan 73 lab klinik. Sementara itu, PT Kimia Farma Apotek (ritel kesehatan) diketahui mengelola 1.233 jaringan apotek di seluruh wilayah Indonesia.

“Program Kita Bersama Nakes juga menjadi bagian dari Kegiatan Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Kimia Farma Group, sebagai BUMN Farmasi terbesar di Indonesia & bagian dari Holding BUMN Farmasi di bawah PT Bio Farma (Persero),” papar pria yang akrab dipanggil Achan ini.

 

Program ini menurut Achan merupakan bentuk kepedulian Kimia Farma terhadap para tenaga kesehatan (nakes) yang telah berjuang dalam menanggulangi pandemi. Program ini juga ditujukan pada anak-anak nakes, karena anak-anak nakes juga perlu dilindungi dari ancaman virus yang terus diperangi orang tua mereka.

Baca juga : PTM Jateng Dimulai, Sobat Solopos : Sudah Saatnya! PJJ Terlalu Lama

 

“Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah, dinas kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Satgas Penanganan Covid-19 dalam melaksanakan Program ini. Sejak digagas pada 15 JUNI 2021, Program “Kita Bersama Nakes secara total telah memberikan 57.100 PAKET vitamin dan suplemen serta masker,” jelas Achan.

Berikut  rinciannya :

  • Pada Gelombang I: di Malang & Surabaya (Jawa Timur) pada 15 Juli 2021 sebanyak 11.000 paket.
  • Pada Gelombang II: di Kabupaten Cirebon & Indramayu (jawa Barat) pada 3 Agustus 2021 sebanyak 15.900 paket.
  • Pada Gelombang III: di Kota Surakarta (Solo) dan Semarang Raya (Jawa Tengah) sebanyak 30.200 paket.

 

“Paket Fituno (suplemen makanan), Vitamin C, Vitamin D3, dan Fituno Sirup langsung diserahkan kepada para tenaga kesehatan dan anak nakes melalui rumah sakit (RS) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),” jelas Achan lebih lanjut.

Nakes yang masuk dalam kategori penerima paket vitamin dan suplemen terdiri dari petugas pemulasaraan jenazah, sopir ambulans, petugas kebersihan di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya. Serta para perawat, petugas radiologi, petugas swab/rapid test antigen, termasuk petugas call center di Puskesmas.

 

Semarang Raya Dan Kota Solo

 

Untuk program “Kita Bersama Nakes” di Semarang Raya, dibagikan sebanyak 8.800 paket vitamin C, Vitamin D3, dan Fituno (suplemen makanan) untuk tenaga kesehatan (nakes) dan 6.000 paket Fituno sirup untuk anak nakes. Sedangkan Kota Solo mendapatkan 9.400 paket untuk nakes dan 6.000 paket untuk anak nakes.

Baca juga : Pilih-pilih Vaksin, Satgas Covid-19 UNS : Semua Vaksin Baik!

 

“Penyerahan paket vitamin & suplemen pada gelombang ke-3 dilaksanakan secara serentak di Solo dan Semarang Raya pada Rabu, 1 September 2021,” ungkap Achan.

Untuk wilayah  Semarang Raya (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kendal, Grobogan, dan Demak) akan diterima oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Di Kota Solo akan diterima oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan perwakilan dari Satgas Penanganan Covid-19.

Paket di Semarang Raya akan diberikan langsung kepada para nakes dan anak nakes melalui RSUD KRMT Wongsonegoro dan 156 Puskesmas. Di Kota Solo disalurkan langsung kepada nakes dan anak nakes melalui RSUD Bung Karno dan RSUD Ngipang serta 17 Puskesmas. Total 30.200 paket di Kota Solo dan Semarang Raya (Jawa Tengah) ini disalurkan secara langsung kepada para nakes dan anak nakes melalui 3 RSUD dan 173 Puskesmas.

“Kami berharap agar paket vitamin dan suplemen ini bemanfaat bagi para nakes dan anak nakes untuk menjaga imunitas dan kesehatannya. Semoga gerakan ini jadi gerakan masif CSR, dan bisa ditularkan ke perusahaan lain yang berkemampuan untuk melakukan gerakan kemanusiaan juga” pungkasnya..

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

 

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar