Keren! Mengabadikan Momen BDR Di Masa Pandemi Melalui Majalah Sekolah

Keren! Mengabadikan Momen BDR Di Masa Pandemi Melalui Majalah Sekolah

SoloposFM, Majalah sekolah, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi hingga merekam kegiatan warganya selama masa Pandemi Covid-19. Diketahui pandemi ini nyaris melumpuhkan seluruh akivitas manusia di dunia, apalagi di bidang pendidikan. Seluruh kegiatan sekolah dilakukan melalui belajar dari rumah (BDR).

 

Untuk itu, pada edisi ke-72 tahun 2021, Majalah sekolah, Tunas Melati milik SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, khusus berisi tentang kegiatan siswa didiknya di masa pandemi.

 

“Majalah sekolah tunas melati terbit sejak 6 bulan sekali resmi sejak tahun 2016, mengantongi nomor ISSN dari pusat Dokumentasi dan Indformasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), media komunikasi dan kreativitas tetap eksis di masa pandemi,” ujar Danardono Sri Pamungkas, Redaktur Majalah Tunas Melati, dalam rilis yang diterima Solopos FM.

 

 

Baca juga :

SD Muhi Persiapkan Bahan Ajar 2021 Via Webinar

 

Mulai dari kegiatan belajar hingga hobi

 

Lebih lanjut Danar menjelaskan, pada edisi kali ini, pihaknya mengambil tema besar “Belajar dari Rumah Dimasa Pandemi”.

 

“Dimulai dari salam redaksi, kata pengantar, headline news Milad Ke-85 perkokoh sekolah berkebudayaan unggul, serta ulasan sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kami juga mengulas terkait peran orang tua dan guru di masa pandemi. Ada beberapa pengetahuan seni sebagai mata pelajaran multi guna, dan fakta psikologi yang bermanfaat. Juga ada artikel tentang, mengenal tanaman Janda Bolong, peran teknologi pendidikan di masa pandemi, dampak pendidikan karakter, dan artikel tentang tips tetap semangat sekolah,” paparnya.

Namun yang menarik, artikel yang diisi para guru dan siswa sekolah tersebut, juga berisi hobi dan pengalaman selama masa pandemi.

 

“Ada yang menulis, serunya bersepeda, tips belajar di rumah selama pandemi, membuat konten youtube sebagai alternatif mengisi waktu luang. Ada juga tentang kegiatan agar tidak bosan di rumah selama pandemi hingga tips menjaga kebersihan dan upaya pencegahan penularan virus corona,” ungkap Danar lebih lanjut.

 

Pesan Kepala Sekolah

 

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Sri Sayekti SPd MPd dalam kata pengantarnya, juga secara khusus mengulas bagaimana cara menghadapi masa pandemi.

 

“Tidak terasa sudah belajar 10 bulan kita berada di masa pandemi, yang membuat para siswa harus belajar dari rumah. Kita harus tetap memiliki dan selalu menguatkan 5 karakter utama yang selalu diajarkan di sekolah. Tidak perlu takut, cemas, tetaplah bergembira agar imunitas tubuh tidak turun sehingga mudah sakit,” papar Sayekti.

 

Dia juga terus mengingatkan warga sekolah utnuk terus mentaati protokol kesehatan. Yaitu dengan disiplin memakai masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, dan disiplin mencuci tangan serta menghindari kerumunan.

 

“Tidak perlu keluar rumah jika tidak ada urusan yang sangat penting,” pungkasnya.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!