• Monday, 29 November 2021
  • Waktu Server 05:45 WIB

Kepemimpinan dan Aksi Pemuda Bumi Intanpari Masa kini

Caption:

SoloposFM, Pemuda memiliki peranan yang sangat penting untuk masa depan bangsa. Semangat para pemuda masa kini sangat dibutuhkan karena mereka adalah agent of change atau agen perubahan dalam segala sektor.

 

Kualitas pemuda dan bagaimana seorang pemuda menyadari bagaimana peranannya sangat penting untuk diketahui. Mulai dari peran dalam keluarga, lingkungan sekitar, hingga bangsa Apalagi di era milenial ini, kemajuan teknologi juga harus dibarengi dengan kemampuan mengelola manfaat teknologi dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak kalah penting, adalah dengan menjauhi narkoba.

 

Baca juga : Semarakkan Momen Gajian di Tengah Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Menggebrak dengan Promo Rp1 hingga Gratis Ongkir

 

Solopos FM bersama Tim P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Karanganyar, mengupasnya dalam Serba Serbi Inspirasi di Bumi Intanpari. Diketahui, P4GN diketuai langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto.

Dalam program Serba-Serbi Inspirasi di Bumi Intanpari, Kamis (29/04/2021), secara khusus membahas tema “Kepemimpinan dan Aksi Pemuda Masa kini”. Hadir sebagai narasumber Rohmad AL Latif , pemuda asal Karanganyar yang memiliki berbagai prestasi baik akademik, non akademik dan juga keorganisasian.

 

Baca juga : Penuhi Wishlist Masyarakat Indonesia saat Ramadan dan Lebaran, ShopeePay Luncurkan Kampanye Big Ramadan Deals

 

Rohmad Al Latif memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik dan kegiatan keorganisasian. Ia menjadi delegasi kabupaten Karanganyar dalam kegiatan Kongres Pelajar Nusantara  di kota Surabaya pada  2014. Pemuda 24 tahun ini juga merupakan Pakibraka Karanganyar di 2014.

 

Hobi positif

 

Lulusan SMA Negeri Karangpandan ini juga menjuarai Seleksi debat PAI Karanganyar pada 2015. Bahkan dia menjadi runner up putra Putri Lawu Duta WisataJ Karangantar pada 2015.

 

Pemuda asli Karanganyar ini juga menekuni hobby yang membawa prestasi, yaitu olahraga lompat. Pada 2015 Al Latif menjuarai Popda untuk cabang olahraga tersebut tingkat Karanganyar. Di tahun yang sama dia mendapat juara 2 Polda untuk cabang Lompat Jangkit Kabupaten Karanganyar. Untuk cabang olahraga lompat jauh, pada 2014, Al Latif menjadi runner up Popda tingkat kabupaten Karanganyar. Di cabang lari juga ditekuninya dan menghasilkan prestasi di Popda. Bahkan dia juga mengikuti olimpiade nasional untuk lompat tinggi mewakili Jawa Tengah.

Jiwa nasionalisme juga membuatnya menjadi delegasi Jawa Tengah dalam  Musyawarah Nasional Pembinaan Ideologi Pancasila Melalui Giat Purna Paskibraka Indonesia di 2019. Pemuda yang kini menjadi THL Badan Keuangan Daerah Kab. Karanganyar bahkan menyabet Juara 2 Lomba Video Kreatif Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Tengah Th 2020.

 

Mengatasi jenuh

 

Segudang kegiatan tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Al Latif. Namun dia mengaku melakukannya tanpa beban.

“Karena melakukan hal yang disuka, tentu tak akan jenuh. Apalagi jika ini adalah hal yang positif. Kesibukan ini akan membuat kita tidak akan sempat memikirkan hal negatif,” paparnya.

Dia bahkan sempat membuka usaha yang menghasilkan. Mulai dari usaha produksi Gelang Kokka Timur Tengah, tanaman hidroponik, hingga kerajinan mutiara Lombok air tawar. Ia mengoptimalkan para pemuda untuk memproduksi, dan Al Latif memasarkannya secara online.

“Kita harus menanamkan pada diri sendiri agar percaya pada potensi diri. Harus kita kenali potensi diri, lalu kita kembangkan. Jangan lupa cari referensi dari sosok yang bisa memotivasi. Bisa dari senior atau seorang sosok pemimpin. Dari mereka kita bisa menerapkannya pada diri sendiri,” paparnya.

Ia menambahkan kegiatan positif juga harus ditularkan. Untuk itu, kala dia melihat hal negatif seperti pergaulan yang tidak sesuai, Al Latif bersama komunitas Pemuda Karanganyar Peduli (PKP) akan melakukan kegiatan sosial dan mengoptimalkan para pemuda berpotensi untuk melakukan kegiatan positif di lingkungan sekitar. Harapannya, komunitas tersebut bisa bekerjasama dengan lembaga terkait untuk mengoptimalkan gerakan sosial di Karanganyar.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar