• Tuesday, 27 September 2022
  • Waktu Server 20:33 WIB

Kantor Kelurahan dan Pasar Terdampak Rel Layang Joglo

Caption: Suasana Pasar Joglo, Solo yang terdampak proyek rel layang. Foto diambil Kamis (16/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SoloposFM – Pelaksana proyek rel layang Joglo saat ini memasuki tahap I. Beberapa bangunan terdampak pembangunan proyek rel layang Joglo. Diantaranya bangunan Kantor Kelurahan Banjarsari dan Pasar Joglo, Banjarsari, Solo.

Setidaknya setengah dari bangunan Kantor Kelurahan Banjarsari harus dibongkar karena terdampak proyek pembangunan underpass Simpang Joglo. Kabarnya, pemerintah Kelurahan dan Kecamatan Banjarsari telah mengantongi beberapa lokasi untuk dijadikan lokasi kantor kelurahan.

Selain Kantor Kelurahan Banjarsari, Pasar Joglo Solo yang ada di sampingnya juga terdampak proyek pembangunan rel layang. Pasar rencananya direlokasi ke lahan bekas bangunan SDN Sekip depan TPU Bonoloyo.

Baca juga : Simpang Joglo Makin Macet Akibat Pekerjaan Proyek, Dishub: Ini Baru ‘Pemanasan’

 

Pasar Darurat Segera Dibangun

Camat Banjarsari, Solo, Beni Supartono Putro menyebut bagunan yang terdampak proyek rel layang Joglo di antaranya Kelurahan Banjarsari, Pasar Joglo, serta beberapa rumah warga dari mulai samping UNISRI dan sebagian di Nusukan.

Terkait pembuatan pasar darurat, Beni mengatakan akan segera dibuat untuk relokasi sementara pedagang Pasar Joglo.

“Kemarin baru proses pengajuan untuk pembuatan pasar darurat di dekat TPU Bonoloyo,” ungkapnya.

Sementara, untuk lokasi kantor kelurahan yang baru, menurut Beni pihaknya telah memberikan masukan di tiga titik, yaitu di sebelah timur, barat, dan utara.

“Pemindahan kan juga perlu infrastruktur dan disiapkan anggarannya,” kata Beni.

Beni menambahkan, “Yakinlah yang dilakukan oleh pemerintah adalah yang terbaik untuk ke depannya. Jadi harap bersabar dan tetap didukung.”

Baca juga : Lintas Kota, Menjaga Ketertiban Berlalulintas Sebagai Cermin Budaya Wong Solo

 

Tidak Masalah Dengan Pembongkaran

Dari polling melalui akun Instagram Solopos FM @soloposfmsolo, sebanyak 67% Sobat Solopos mengaku tidak masalah dengan pembongkaran Kantor Kelurahan Banjarsari dan Pasar Joglo demi kelancaran proyek rel layang Joglo.

Sejumlah komentar juga disampaikan Sobat Solopos di program Dinamika 103, Rabu (22/6).

Anda dari Solo mengatakan, “Saya setuju untuk Pasar Joglo dipindah karena sekarang saja karena sudah kurang nyaman, banyak debu karena pembangunan. Semoga win win solution antara pedagang dan pemkot.”

“Untuk pelayanan Kelurahan Banjarsari, apakah ada perubahan ketika sudah pindah nanti?” tanya Dyah. Terkait hal ini, menurut Beni untuk layanan masyarakat ke kelurahan tidak akan berubah, hanya nanti akan dicari dulu tempat sementara.

“Semoga pemindahan Kantor Kelurahan Banjarsari dan Pasar Joglo tidak terlalu jauh dari lokasi sekarang, jadi tidak repot nantinya,” kata Budiman.

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar