Kantor Imigrasi Kelas I TPI Solo Pamer Inovasi, Bikin Paspor Cukup 15 Menit!

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Solo Pamer Inovasi, Bikin Paspor Cukup 15 Menit!

SoloposFM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Tjahjo Kumolo, berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas I Solo, Jl Adisucipto No 8, Karanganyar, Jumat (28/8/2020). Kunjungan itu untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan cepat dan tepat saat pandemi Covid-19. Berdasarkan pantauan Solopos.com, kedatangan Tjahyo Kumolo disambut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Priadi dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Solo Said Ismail.

Kedatangan rombongan Menpan dan RB disambut tim yel-yel Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBMM). Menhan dan RB berkeliling meninjau sarana dan prasarana (sarpras) di setiap ruang pelayanan publik. Lalu Menpan dan RB memberikan pengarahan kepada jajarannya di ruang aula.

Said Ismail menjelaskan rombongan Menpan dan RB bersedia berkunjung setelah meresmikan mal pelayanan publik. Tjahjo Kumolo meninjau sarpras pelayanan publik dan inovasi pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Solo selama pandemi Covid-19.

Zona Integritas

“Kami membangun zona integritas dengan pelayanan datang ke rumah warga negara asing [WNA] lansia dan WNA kondisi sakit untuk memperpanjang izin tinggal dan memberi pelayanan kebutuhan lain. Terkait dengan orang Indonesia kami juga hadir. Siap bila orang membutuhkan,” katanya.

Dia menjelaskan Kantor Imigrasi Kelas I Solo melakukan arahan sesuai surat edaran terkait izin paspor di wilayah Jawa Tengah. Proses pengurusan paspor bisa dilakukan 15 menit karena jumlah layanan per hari dibatasi sekitar 20 layanan.

Tjahyo Kumolo menjelaskan pemerintah memiliki prioritas reformasi birokrasi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik pada jajaran Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia harus efektif dan efisien saat pandemi Covid-19. “Pelayanan kepada masyarakat harus cepat dan tepat. Kalau bisa per menit ya per menit. Kalau bisa per hari ya harus per hari,” paparnya.

 

[Diunggah oleh Mita Kusuma]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!