Jendela Komunitas : Peduli Lingkungan Terdekat Bersama Senden Respon Sosial

Jendela Komunitas : Peduli Lingkungan Terdekat Bersama Senden Respon Sosial

SoloposFM, Lingkungan terdekat menjadi hal yang harus menjadi perhatian oleh warganya. Hal inilah yang menginspirasi warga Dukuh Senden, Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, untuk membentuk komunitas Senden Respon Sosial (SRS) untuk menyalurkan dana sosial kepada warganya yang membutuhkan.

Dalam bincang komunitas bersama Solopos FM, Sabtu (31/10/2020), Andi Arfianto, salah satu relawan SRC mengungkapkan dana sosial diberikan kepada warga kurang mampu di Dukuh Senden.

“Pembagian dana tersebut sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada sesama warga. Dana sosial tersebut disalurkan kepada warga kurang mampu, janda dan anak yatim setiap bulan. Biasanya penyaluran dilakukan pada tanggal 9 atau 10 setiap bulannya. Besar bantuan rata-rata Rp 200.000 tiap penerima,” paparnya.

SRS berdiri pada Januari 2018. Terhitung sejak 2,5 tahun berjalan, hingga sekarang SRS memiliki puluhan donatur. Penerima dana sosial atau shodaqoh tetap, sampai saat ini berjumlah 16 orang. Awalnya penerima dana sosial hanya berjumlah 7 orang. Pertemuan anggota SRS dilakukan tiap 2 bulan sekali, bertempat di rumah salah satu anggota SRS.

“Harapannya gerakan sosial ini bisa terus berlangsung, karena kegiatan merupakan bagian dari kemaslahatan umat. Selain memberikan dana sosial, SRS juga membantu kepada warga yang sedang sakit dan berduka cita. SRS menjadi bagian dari wadah sosial menyalurkan dana/shodaqoh. Paguyuban SRS masih terus membuka dan menerima anggota baru sebagai donatur tetap. Harapannya kedepan, SRS semakin berkembang dan memiliki banyak donatur. Sehingga akan semakin banyak juga bantuan yang diberikan kepada penerima dana sosial/shodaqoh,” pungkas Andi.

Ikutan Jendela Komunitas?

Jangan lewatkan Program Jendela Komunitas di Solopos FM, yang on air setiap Sabtu pukul 15.00-16.00 WIB. Ingin komunitas Anda juga eksis? yuk gabung gratis dengan WA di 081226103103.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment