Jendela Komunitas : Oktober, Bulan Peduli Sindrom Down Bersama Pontads

Jendela Komunitas : Oktober, Bulan Peduli Sindrom Down Bersama Pontads

SoloposFM, Tahukah Anda bahwa Oktober adalah Bulan Peduli Sindrom Down atau Down’s Syndrome Awareness Month? Ya, setiap bulan Oktober semua masyarakat dunia diharapkan dapat mengetahui lebih banyak tentang Down syndrome dan merayakannya.

Faktanya, Down syndrome adalah kondisi kromosom yang paling umum terjadi. Sekitar 6.000 bayi lahir dengan Down syndrome, atau setara dengan perbandingan 1 dari 700 kelahiran. Seiring dengan perkembangan zaman, para pemilik kondisi ini memiliki ekspektasi rentang hidup yang semakin meningkat, dari 25 tahun di tahun 1980 menjadi 60 tahun di tahun ini.

Walau sedang pandemi, tetap terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung dan merayakan Bulan Peduli Sindrom Down tahun ini. Seperti yang dilakukan oleh POTADS beberapa waktu lalu secara virtual. Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) menggelar Media Day, untuk berbagi cerita tentang anak-anak dengan Down Syndrome.

Dalam bincang Jendela Komunitas yang dilakukan Potads Jawa Tengah di Solopos FM, Liany Widjaja sang koordinator menjelaskan, Media Day dihelat dalam rangka Bulan Kesadaran Down Syndrome, yang jatuh setiap Oktober. Bulan Kesadaran Down Syndrome, merupakan sebuah kesempatan untuk menyebarkan kepedulian.

Selama bulan Oktober, POTADS menyebarkan informasi positif tentang Down Syndrome dan membuat orang sadar akan kemampuan dan pencapaian mereka.

“Semoga dengan adanya Media Day ini, semakin terbuka jalan untuk terus mensosialisasikan mengenai Down Syndrome,” papar Liany.

 [Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment