• Monday, 29 November 2021
  • Waktu Server 06:37 WIB

Jendela Komunitas, Mengenal Lebih Dekat Junior Chamber International (JCI) Solo

Caption: JCI Solo on studio SoloposFM, Sabtu (16/10/2021)

SoloposFM,  Junior Chamber International Indonesia (JCI Indonesia) adalah sebuah organisasi berbadan hukum yang terafiliasi dengan PBB dan berpusat di Amerika Serikat. Saat ini ratusan pemuda aktif (young active citizen) berusia 18 sampai 40 tahun yang tersebar di 127 negara tergabung dalam JCI, termasuk pemuda Indonesia.

Di Indonesia sendiri, JCI sudah berkembang pesat dengan memiliki ribuan anggota yang terbagi dalam puluhan kota dan provinsi. Nantinya, pemuda yang tergabung dalam JCI Indonesia akan mempelajari ide bisnis dalam berbagai bidang. Mereka akan diberi bekal skill, pengetahuan, kolaborasi, dan keberagaman dalam melakukan aksinya.

Baca juga : Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Melawan Narkoba Di Kabupaten Karanganyar

 

Bagaimana dengan Junior Chamber International (JCI) Solo? Hadir di studio SoloposFM, dalam program Jendela Komunitas, para pengurus inti JCI Solo, Sabtu (16/10/2021). Mereka yang hadir diantaranya Budiman Kusmanto (Local President 2021, JCI Solo), Siegfried Listijosuputro (Deputy Local President JCI Solo), dan Adhita Dea Kharisma (Vice President JCI Solo).

 

 

Didirikan oleh Jokowi

 

JCI Solo pada 2011 silam, dibentuk oleh Walikota Solo kala itu, Joko Widodo (Jokowi). Organisasi nonprofit tersebut diharapkan menjadi sarana promosi Kota Solo ke seluruh belahan dunia. Jaringan JCI yang kini telah tersebar di 130 negara di dunia itu diharapkan bisa membawa misi pengembangan pariwisata Solo.

“JCI sendiri memiliki jaringan dunia yang solid dan tepat dipilih sebagai sarana pormosi Solo. Saya kira tidak hanya pariwisata, tapi juga potensi Solo lainnya. JCI bisa membantu mengenalkan Solo kepada dunia luar,” ungkap Budiman Kusmanto, Local President 2021, JCI Solo.

 

Biasanya anggota JCI terdapat di semua sektor masyarakat seperti pemilik usaha, pegawai negeri, dokter, wiraswasta, guru, pejabat publik, dan bahkan pelajar. Semangat JCI itu pun telah berkobar seiring beberapa tokoh menjadi penasihat, diantaranya Presiden Indonesia Joko Widodo (Founder JCI Solo), dan sejumlah tokoh seperti Mantan Menkopolhukan Jendral (Purn) Wiranto.

Baca juga : BST untuk Angkutan Pelajar, Sobat Solopos Kompak Setuju

 

“Kami berharap melalui JCI peluang kerjasama bisa terbentuk, di bidang bisnis misalnya. Kami juga aktif melakukan workshop untuk menggali peluang usaha. Pandemi juga membuat kami menggiatkan kegiatan sosial, seperti gerakan pembagian masker dll. Organisasi kami juga non politik,” papar Siegfried Listijosuputro, Deputy Local President JCI Solo.

Adhita Dea Kharisma, Vice President JCI Solo menambahkan JCI lebih ke organisasi kepemimpinan. JCI membuka kesempatan kepada membernya sebagai project director acara tersebut. Harapannya melalui hal tersebut membuat anggota JCI menjadi pemimpin-pemimpin baru.

Jendela Komunitas SoloposFM

 

Sobat Solopos yang ingin komunitasnya juga eksis di radio, yuk daftarkan komunitasmu untuk ngobrol on air bersama SoloposFM via WA di 081226103103. Gratis!!!

Program ini hadir setiap Sabtu, pukul 15.00 – 16.00 WIB.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

 

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar