• Friday, 19 August 2022
  • Waktu Server 02:04 WIB

Jelang Penutupan Asian Para Games 2022, Perolehan Medali Indonesia Makin Tak Terkejar

Caption: Panitia penyelenggara menyiapkan sejumlah medali untuk cabang olahraga para swimming ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom)

SoloposFM – Tim Indonesia makin tak terkejar dalam klasemen perolehan medali di ajang ASEAN Paragames Solo 2022. Hal itu didasarkan pada perolehan medali kontingen Indonesia yang bertengger di puncak klasemen medali.

Dikutip dari situs resmi APG XI Solo 2022, Jumat (5/8) pukul 09.00 WIB, Indonesia kukuh di puncak klasemen perolehan medali dengan 111 emas 79 perak dan 63 perunggu. Total para atlet Indonesia mengumpulkan 253 medali.

Thailand membuntuti Indonesia di posisi kedua dengan 57 emas 73 perak dan 46 perunggu. Thailand total mengumpulkan 176 medali. Berada di posisi ketiga adala Vietnam dengan 51 emas 44 perak dan 30 perunggu. Total Vietnam mengumpulkan 125 medali.

Baca juga : ASEAN Paragames 2022 Picu Semangat Anak-anak Disabilitas Untuk Menjadi Atlet

Antusiasme Luar Biasa

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Indonesia National Paralympic Comittee (INASPOC) Rima Ferdianto, dalam program Dinamika 103 Solopos FM, Jumat (5/8), mengatakan sejak Kamis (4/8) pihaknya sudah yakin bahwa Indonesia akan jadi juara umum. Hal ini setelah melihat total perolehan medali kontingen Indonesia yang melesat jauh meninggalkan kontingen negara lain.

Menurut Rima antusiasme masyarakat dalam menonton setiap pertandingan yang digelar di beberapa lokasi di Kota Solo sangat luar biasa dan sedikit banyak berperan dalam mendukung kemenangan para atlet yang bertanding.

“Ada beberapa pertandingan yang kemungkinan menangnya kecil tapi akhirnya menang. Mungkin salah satunya faktornya ya karena dukungan yang luar biasa dari penonton tuan rumah,” ungkap Rima.

Rima juga mengatakan terkait sejumlah atlet APG 2022 yang sempat dinyatakan positif Covid-19, semuanya tanpa gejala dan sudah menjalani karantina. Ia menyebut saat ini masih ada 5 orang yang positif Covid-19.

“Tapi saya belum tahu ya, 5 orang itu atlet semua atau ada official juga,” tuturnya.

Sementara itu, terkait Closing Ceremony yang digelar pada Sabtu (5/8) di Stadion Manahan Solo, Rima mengatakan bahwa pada acara tersebut nantinya akan ada hand over ceremony, yaitu penyerahan bendera ASEAN Paragames dari Indonesia pada Kamboja sebagai tuan rumah ASEAN Paragames berikutnya. Rima juga memastikan bahwa acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Ini Dia Sosok Di Dalam Kostum Maskot ASEAN Paragames Solo 2022

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar