• Tuesday, 27 September 2022
  • Waktu Server 20:14 WIB

Ini Yang Beda di Solo Batik Carnival 2022

Caption: Peserta Solo Carnival. (Surakarta.go.id)

SoloposFM, Sejumlah event tahunan Kota Solo akan kembali dilaksanakan setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi,  salah satunya adalah event Solo Batik Carnival, yang sebelumnya rutin digelar sejak tahun 2008.

Gelaran SBC tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. SBC tahun ini juga lebih spesial, karena nantinya delegasi dari negara-negara peserta Presidensi G20 akan hadir dalam kirab budaya Solo Batik Carnival. Acara ini diselenggarakan pada 7 Juli 2022 pukul 15.00 WIB dan berlokasi di Jalan Slamet Riyadi. Dengan rute dimulai dari sepanjang Stadion Sriwedari dan akan berakhir di Balaikota Kota Surakarta.

Dengan diselenggarakannya event ini, Pemerintah Kota Surakarta berharap event ini mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional. Sehingga bisa ikut membantu dalam pemulihan ekonomi warga masyarakat di Kota Surakarta. Selain itu, acara ini juga dijadikan sebagai momentum kebangkitan akibat dari pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dibaca juga: Siap-siap Sob! CFD Boyolali Akan Kembali Digelar Usai Idul Adha

 

SBC Tahun Ini

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko mengatakan tahun ini sejumlah event tahunan di Kota Solo bisa kembali digelar setelah 2 tahun vakum.

Aryo menyebut nantinya ada sekitar, 50 orang di panggung utama, 50 orang pemain drumband 50 orang, dan ada 15 Putri Indonesia sejumlah 15 orang.

Dalam kirab budaya yang berkolaborasi dengan SBC nanti, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan memimpin kirab dengan menaiki kuda. Tidak hanya itu, nantinya rombongan delegasi G20 juga akan turut dalam kirab budaya dengan kostum yang telah disiapkan oleh panitia.

“Perkiraan nanti perjalanan dari Stadion Sriwedari ke Balaikota Kota Surakarta memakan waktu sekitar 90 menit. Jadi sampai balaikota paling lambat pukul 17.30 WIB,” tambahnya.

Aryo juga mengatakan selain Kirab Budaya dan Solo Batik Carnival, sejumlah agenda juga akan digelar pada Juli – Agustus, seperti Keroncong Festival, kirab Kyai Slamet, dan lain-lain.

Dibaca juga: PeSOnas 2022, Menpora : Jateng Beri Perhatian Lebih pada Olahraga Disabilitas

 

Sudah Dinanti-nanti

Digelarnya kembali Solo Batik Carnival setelah 2 tahun vakum disambut antusias oleh masyarakat Kota Solo. Di sisi lain, masyarakat juga mempertanyakan jalur-jalur yang ditutup.

Sejumlah komentar disampaikan Sobat Solopos pada acara Dinamika 103, Rabu (6/7).

“Setiap ada SBC pasti saya menyempatkan diri untuk melihat secara langsung, asal agendanya di hari libur kerja. Kalau sekarang tidak menjadi masalah, meski hari kerja bisa menyaksikan, apalagi 2 tahun tidak ada SBC. Semoga SBC tahun ini lebih semarak, banyak kreasi yang lebih inovatif atau spektakuler. Apalagi disaksikan para delegasi dari negara-negara peserta G-20,” kata Priyanto.

“Wah harus nonton nih. Sudah lama nggak nonton SBC. Semoga bisa dapat tempat yang strategis buat nonton,” pungkas Farida.

“Siap-siap macet di mana-mana nih nanti. Apalagi nanti acaranya sampai sore pas jam pulang kerja,” kata Anton.

“Semoga bisa menarik semakin banyak wisatawan datang ke Solo. Apalagi nanti delegasi G20 ikut kirab juga. Sukses untuk Kota Solo,” ungkap Raditya.

Baca juga: 7 Tips dalam Berkomunikasi yang Efektif, Simak Caranya Sob!

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar