• Friday, 19 August 2022
  • Waktu Server 02:39 WIB

Ini Dia 5 Minuman Penurun Kolesterol, Simak Sob!

Caption: Minuman alami penurun kolesterol (food.detik.com)

SoloposFM, Idul adha merupakan momen bagi umat Muslim untuk berbagi daging kurban. Momen ini juga identik dengan beberapa masakan khas indonesia seperti rendang, tengkleng, gulai, sate dan lain-lain.

Tak sedikit dari masyarakat khawatir dengan kolesterol yang meningkat karena terlalu banyak makan makanan yang tinggi kolesterol. Hal ini sebetulnya dapat diatasi dengan membatasi makanan yang masuk ke tubuh kita. Namun, banyak dari sobat solopos yang kalap dalam memakan hidangan yang tersedia.

Selain mengatur jumlah makanan yang masuk, terdapat beberapa minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari hot.grid.id berikut 5 minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

 

  1. Teh Hijau

 

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada teh juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Jika memang kesulitan mencari teh hijau, kita juga dapat menikmati sedikit manfaatnya dari teh hitam. Tapi memang, efeknya tidak akan semaksimal saat mengonsumsi teh hijau, karena kandungan antioksidannya tidak setinggi teh hijau.

 

  1. Susu Kedelai

susu kedelai (jovee.id)

 

Susu kedelai dinilai sebagai minuman sehat yang rendah lemak jenuh. Menggantikan susu hewani dengan susu kedelai dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh yang berdampak pada penurunan kolesterol.

 

Baca Juga : #Kepo – Meracik Teh sesuai Mood! Bersama Cakra Virajati

 

  1. Jus Tomat

jus tomat (antaranews.com)

 

Tomat kaya akan senyawa likopen yang bisa meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat.

Selain likopen, kandungan niasin pada tomat juga memiliki khasiat yang serupa dalam menurunkan kolesterol.

Perlu diketahui, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menurunkan kolesterol, tomat direkomendasikan untuk dijadikan jus dan dikonsumsi secara rutin.

 

  1. Smoothie Buah Berry

jus buah beri (cookingformysoul.com)

 

Buah beri dikenal kaya akan serat dan rendah kalori. Buah beri yang dimaksud itu adalah stroberi, blueberry, blackberry, raspberry dan jenis buah beri lainnya.

Secara khusus, para ahli telah menemukan senyawa yang disebut anthocyanin -antioksidan kuat- yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

 

  1. Minuman Coklat Hitam

minuman coklat hitam (lakechamplainchocolates.com)

 

Minuman dari coklat hitam alias dark chocolate mengandung kakao.

Minuman yang satu ini juga kaya antioksidan yang disebut flavanol yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015, mengkonsumsi 450 mg minuman coklat dua kali sehari selama satu bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar