• Thursday, 20 January 2022
  • Waktu Server 20:44 WIB

Ibadah Umrah Kembali Dibuka, Sobat Solopos Dukung 100%

Caption: Ilustrasi Masjidil Haram (haji.kemenag.id)

SoloposFM – Penyelenggaraan ibadah umrah kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menegaskan, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab, demi upaya perlindungan terhadap jemaah.

PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH. Ketentuan lainnya, keberangkatan diprioritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno Hatta. Kepulangan jemaah umrah juga harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Keberangkatan empat penerbangan awal mengacu Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.

Di Solo, rombongan jamaah haji umroh mulai diberangkatkan Senin, 10 januari 2022 lalu. Ada 30-an orang dari Ameera Mekkah Travel yang bertolak ke Jakarta untuk menjalani karantina sehari di Asrama Haji Jakarta sebelum berangkat ke Madinah.

 

Siap Karantina dan Tambah Biaya

Gunadi Cahyo, Koordinator Ameera Mekkah Travel mengatakan pihaknya hari ini kembali memberangkatkan sebanyak 65 jemaah umrah setelah pemberangkatan pertama pada 11 Januari 2022.

Terkait prosedur yang harus dipenuhi dalam pemberangkatan jamaah umrah, Gunadi menyebut, syarat yang harus dipenuhi adalah jemaah harus sudah divaksin (apa pun jenis vaksinnya), karantina selama 5 hari 4 malam di Madinah, dan setelah sampai di Indonesia harus kembali menjalani karantina di Asrama Haji selama 7 hari.

Sementara, terkait antrian jemaah umrah dari Ameera Mekkah Travel, ia mengatakan, “Dari 2 tahun lalu ada 6.000 jamaah yang siap berangkat. Hanya saja untuk saat ini memang ada persyaratan khusus, yang harus benar-benar disiapkan calon jemaah umrah, di mana jemaah harus siap menjalani karantina termasuk biaya yang tentu berbeda.”

 

Opini Sobat Solopos

Dalam sesi Dinamika 103, Rabu (12/1/2022), Sobat Solopos kompak mendukung dibukanya kembali ibadah umrah meski masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Berikut beberapa komentar Sobat Solopos:

“Senang mendengar info terbaru semua vaksin bisa diterima untuk umroh. Semoga lancar dan semakin banyak kuotanya,” ungkap Dita.

“Alhamdulilah, akhirnya pemerintah mengizinkan ibadah umrah dibuka kembali. Semoga semua jemaah pulang dengan aman dan selamat. Yang penting tetap jaga prokes,” kata Andika.

Sementara menurut Prayit, “Selama semua prosedur dan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat dan tertib, saya optimis ibadah umrah bisa berlangsung dengan aman. Selamat beribadah umrah untuk para jemaah yang berkesempatan untuk berangkat. Semoga ibadah haji juga bisa dibuka kembali.”

 

[Diunggah oleh Mita Kusuma]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar