Hindari Komplikasi Hipertensi Bersama Puskesmas Gajahan

Hindari Komplikasi Hipertensi Bersama Puskesmas Gajahan

SoloposFM, Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Hal ini berlaku juga untuk pencegahan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang telah menjadi penyebab utama dari tingginya angka kematian di dunia. Hipertensi adalah gangguan kesehatan yang sering kali telat dideteksi dan suka diremehkan. Padahal, dari tekanan darah tinggi Anda dapat mengalami berbagai penyakit kronis lainnya.

Bincang Kesehatan Solopos FM bersama Dinas Kesehatan kota Solo, edisi Selasa (10/03/2020), menghadirkan narasumber dr Agil Priambodo dari UPT Puskesmas Gajahan. Menurut dr Agil, tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal jika terus dibiarkan. Terlebih, hipertensi umumnya tidak menunjukkan gejala sama sekali sehingga banyak yang terlambat mendapat pengobatan. Tidak sedikit pula mitos-mitos dan kabar burung menyesatkan seliweran di tengah masyarakat soal hipertensi, yang semakin membuat berbagai langkah pencegahan hipertensi jadi sia-sia.

Mengenal lebih jauh tentang kondisi ini bisa membantu Anda mendeteksi lebih dini setiap gejala yang mungkin timbul serta merancang cara mencegah hipertensi terjadi pada Anda atau orang terdekat Anda.

 

Pencegahan Hipertensi

Anda bisa mencegah hipertensi dengan berbagai cara berikut ini:

  • Menjaga berat badan ideal. Berat badan berlebih bisa membuat seseorang lebih berisiko terserang hipertensi.
  • Berolahraga secara rutin. Seseorang yang aktif berolahraga akan lebih terhindar dari risiko terserang hipertensi. Lakukan jalan cepat atau bersepeda 2-3 jam setiap minggu.
  • Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat. Misalnya, roti dari biji-bijian utuh, beras merah, serta buah dan sayuran.
  • Kurangi garam. Batasi dalam makanan, tidak lebih dari satu sendok teh.
  • Kurangi konsumsi alkohol. Mengonsumsi lebih dari takaran alkohol yang disarankan, bisa meningkatkan risiko hipertensi.
  • Berhenti merokok. Meski rokok tidak menyebabkan hipertensi secara langsung, tetapi rokok bisa membuat arteri menyempit, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  • Konsumsi kafein sesuai yang dianjurkan. Meminum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Interaktif

Anda bisa berinteraksi dalam bincang sore bersama Dinas Kesehatan kota Solo, dengan mengirim SMS ke 081226103103, dan 0816673103 atau telepon [0271] 739389, 739367, atau instagram @soloposfmsolo, ataupun mention kami di twitter SOLOPOS FM di @soloposfm, fanpage kami di Solopos103FM Whatsapp kami di 081 226 103 103. Program ini disiarkan langsung setiap Selasa, pukul 15.00-16.00.

 [Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment