• Monday, 29 November 2021
  • Waktu Server 06:30 WIB

Hari Guru Nasional, PGRI Solo : Guru Harus Maksimal Jalankan Tugas Apapun Kondisinya!

Caption:

SoloposFM, , 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal ini berdasarkan Keppres nomor 78 tahun 1994.

Hari Guru Nasional menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menghargai serta memberikan apresiasi terhadap perjuangan yang diberikan seluruh guru di Indonesia.

Selain, diperingati sebagai Hari Guru Nasional, tanggal 25 November juga merupakan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

 

Tema 2021

 

Peringatan Hari Guru Nasional dirayakan dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Tahun 2021 ini, Kemdikbud melalui situs resminya sudah mengeluarkan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

Baca juga : UMP 2022, SPSI Solo : 80 Persen Pendapatan Buruh Tergerus Konsumsi

 

Tahun ini, tema Hari Guru Nasional adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Kemdikbud juga mengimbau kepada Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mencantumkan tagar #BergerakDenganHati #DemiKemajuan dalam unggahan konten peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di media sosial.

Wahyono, Ketua PGRI Solo, dalam Dinamika SoloposFM , Kamis (25/11/2021)  mengakui di masa pandemi ini, peran guru menjadi lebih berat. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan.

“Guru berkewajiban melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Namun dalam segala keterbatasan, pembelajaran menjadi tidak maksimal. Sering kali guru menjumpai siswanya mengeluh, pembelajaran tatap muka di kelas saja belum tentu menjadikan mereka paham, apalagi pembelajaran daring. Meski begitu, guru tetap berusaha menjalankan tupoksi dan memperhatikan pemenuhan kebutuhan siswa dengan sebaik-baiknya,” papar Wahyono..

Baca juga: Indeks Baca Jateng Rendah? Arpusda Solo : Minat Baca Di Solo Masih Tinggi!

 

Ia menambahkan, setiap orang diberi kemampuam untuk menyerap ilmu. Demikian  juga seorang guru. Kemampuan ini selayaknya ditindaklanjuti dengan melakukan kegiatan yang mendukungnya. Jika ini dilakukan, tujuan menjadi guru yang inspiratif di masa pandemi pasti terwujud.

 

Opini Sobat Solopos

 

Sobat Solopos dalam Dinamika SoloposFM , Kamis (25/11/2021)  mengenang sejumlah guru favorit mereka kala di bangku sekolah. Berikut sejumlah opini mereka :

“Guru faforitku adalah guru pelajaran kimia. Dulu ketika saya masih STM/SMT Pertanian Boyolali. Guru yg masih berkesan sampai sekarang adalah Ibu Susi. Beliau mengajar kimia teori maupun praktek. Ibu guru ini ketika mengajar praktek kimia saat mempersiapkan peralatan selalu meminta bantuan sama saya. Dengan senang hati saya melaksanakannya,” Ungkap Sarmidi.

“Selamat Hari Guru Nasional untuk para guru yang pernah mengajar aku,” tulis Ina.

 

(Diungah oleh Avrilia Wahyuana)

 

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar