Gotong Royong Meringankan Dampak COVID-19

Gotong Royong Meringankan Dampak COVID-19

SoloposFM, Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat bekerjasama dengan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Solo menyalurkan sejumlah 315 paket sembako untuk masyarakat duafa atau terdampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Jumat (15/5/2020). Selain itu, 65 paket dibagikan untuk guru dan karyawan Amal Usaha Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah di lingkungan Muhammadiyah Cabamg Kottabarat Solo, Selasa (16/5/20200).

Humas Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat Solo, Muhamad Arifin mengatakan paket sembako yang disalurkan ini merupakan tahap dua setelah sebelumnya disalurkan tahap satu sejumlah 250 paket, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya,  pandemi COVID-19 sangat berdampak bagi perekonomian masyarakat, sehingga Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat yang berpusat di Masjid Kottabarat Solo bergerak mengumpulkan donasi dan berbagi paket sembako untuk duafa. Harapannya masjid bisa menjadi pusat gerakan untuk memberikan manfaat kepada warga sekitar.

Setiap paket sembako seharga seratus ribu rupiah yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 0,5 kg, mie kering 4 bungkus, bihun 0,5 kg, kecap satu bungkus, dan ikan layur 3,5 ons.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat dengan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat. Pada tahap dua ini kami membagikan 315 paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di sejumlah titik di area Kottabarat, Joho-Manahan, Kalitan, Mangkubumen, Sumber, dan Banyuanyar ” kata Arifin dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Ia menambahkan bahwa sumber pembiayaan kegiatan ini berasal dari donasi warga masyarakat (aghniya’), wali siswa dari KB-TK Aisiyah, SD, SMP, SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat, dan guru serta karyawan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat melalui nomor rekening Bank Jateng Syariah 5022090157, atas nama Baitul Maal Muh. Kottabarat.

Data masyarakat penerima bantuan diperoleh dari pengurus RT dan RW setempat. Supaya tetap sesuai dengan protokol kesehatan, penyaluran paket sembako dipusatkan di rumah RT atau RW dan kemudian akan diantar ke rumah warga masing-masing untuk menghindari kerumunan.

 

Peduli Pendidikan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap guru dan karyawan Amal Usaha Muhammadiyah, Aisyiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah di lingkungan Muhammadiyah Cabang Kottabarat, sejumlah 65 paket sembako rencananya akan disalurkan kepada guru TK Aisyiyah Sumber I, TK Aisyiyah Sumber II, TK Aisyiyah Sumber III, TK Aisyiyah Mangkubumen, SD Muhammadiyah 15 Sumber, dan SD Muhammadiyah Plus 20 Sidorejo Mangkubumen, Selasa (19/5/2020) mendatang. Selain itu, juga akan dibagikan bantuan tunai sejumlah tiga ratus ribu rupiah kepada 53 guru dan karyawan yang berstatus guru / karyawan tidak tetap dan belum menerima tunjangan sertifikasi.

Bakti Sosial

Sebelumnya, SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo telah mengadakan bakti sosial rangkaian milad ke-20 sekolah tersebut, Selasa (12/5/2020). Bakti sosial dilangsungkan di Desa Kedawung Kec. Jumapolo, Karanganyar dengan membagikan sejumlah 200 paket sembako senilai seratus ribu rupiah kepada warga duafa.

Ketua panitia milad ke-20 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo, Taryanto menyampaikan bahwa agenda bakti sosial ini sudah direncanakan jauh-jauh hari, tetapi sempat tertunda karena wabah COVID-19.

“Kegiatan bakti sosial berupa penyaluran 200 paket sembako ini merupakan hasil infaq harian siswa yang dikumpulkan sekitar tiga bulan dan Alhamdulillah bisa terkumpul 20 juta lebih,” ujarnya.

Ia menambahkan pentingnya gotong-royong dan kolaborasi antarlembaga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “Kolaborasi antara Baitul Maal Muhammadiyah Kottabarat dengan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Solo yang terdiri dari TK Aisyiyah, SD-SMP-SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat merupakan langkah konkret dalam melakukan gerakan-gerakan kemanusiaan dan peduli dengan sesama,” pungkasnya.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!