• Monday, 16 May 2022
  • Waktu Server 16:32 WIB

Gonta Ganti Seragam Satpam, Sobat Solopos : Sepakat Diganti Biar Tidak Terkecoh Dengan Identitas Polisi!

Caption: Ilustrasi Seragam Satpam (sumber foto : sewaktu.com)

SoloposFM, Seragam satuan pengamanan atau Satpam akan diubah menjadi warna krem karena seragam Satpam warna cokelat muda keabuan saat ini membingungkan mirip seragam polisi.

Seragam Satpam mirip polisi saat ini adalah warna perubahan dari sebelumnya berwarna biru tua. Perubahan kembali warna seragam Satpam belakangan dalam pembahasan internal kepolisian.

Kepolisian menilai seragam Satpam saat ini dianggap terlalu mirip dengan yang seragam personel Korps Bhayangkara. Sehingga, seragam tersebut menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat. Untuk itu, perlu identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

Baca juga : Kembali Hadir di Semarang, Program ShopeePay Semangat UMKM Lokal Dukung Pegiat UMKM Tingkatkan Transaksi dan Bisnisnya

 

Proses perubahan seragam Satpam masih digodok oleh kepolisian. Warna seragam Satpam yang baru nantinya akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam.

Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas pun memandang aksi upaya pengubahan warna baju satpam merupakan konsekuensi dari pengabaian peringatan Kompolnas. Kini, kebingungan publik antara polisi dan satpam adalah dampak dari upaya pengubahan kebijakan warna baju tersebut.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, Kompolnas tidak hanya khawatir soal ada kebingungan warga terkait seragam satpam dan polisi. Ia justru khawatir ada penyalahgunaan pakaian seperti ada pelaku teror yang menggunakan baju mirip satpam yang serupa dengan baju polisi.

Di sisi lain, pemerintah juga sadar akan ada biaya tambahan dan beban kepada perusahaan akibat upaya pengubahan baju seragam pegawai. Di sisi lain, satpam rentan diserang kelompok tertentu atau teroris yang selama ini mengincar aparat.

 

Opini Sobat Solopos

 

Sobat Solopos dalam Dinamika Rabu (19/01/2022), mayoritas setuju dengan penggantian warna seragam satpam. Sebanyak 80% Sobat Solopos setuju. Sedangkan 20% lainnya mengaku tidak setuju.

 

Berikut sejumlah opini mereka :

 

“Saya sering terkecoh dengan seragam satpam. Lebih baik yang semula warna putih biru,” tulis Maria.

“Menurut saya seragam satpam lebih baik dari ganti warna hitam daripada warna seperti seragam polisi. Jadi kita para awam bisa membedakan mana polisi mana satpam. Kasihan wibawa polisi jadi berkurang,” ungkap Mira.

“Kalau menurut saya sebenarnya gampang. Logo di kerah itu sangat beda. Saya setuju dengan kebijakan untuk mengganti lagi warna baju Satpam. Tapi kasian juga yang seragam kemarin itu aja juga belum kelar bayarnya. Ehh sekarang nambah beban lagi harus ganti bajunya. Padahal penghasilan cuma UMR. Gimana itu?” ungkap Mardi.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar