Gita Pertiwi Gelar Pelatihan Virtual Kantin Sehat Sekolah Ramah Anak

Gita Pertiwi Gelar Pelatihan Virtual Kantin Sehat Sekolah Ramah Anak

SoloposFM, Yayasan Gita Periwi dan Rikolto akan menggelar Pelatihan Kantin Sehat Sekolah Ramah Anak di tengah pandemi Covid-19 via Zoom. Kegiatan ini mengusung tema “Pelatihan Online Penerapan Protokol Kesehatan untuk Pengelolaan Kantin Sekolah”. Gita Pertiwi adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memfokuskan diri pada kegiatan pelestarian lingkungan dan pengembangan masyarakat.

Sebanyak 300 peserta, terdiri dari guru, karyawan, pengelola kantin sekolah, suplier PJAS (Pangan Jajanan Anak Sekolah) dan siswa SMK akan mengikuti kegiatan ini. Pelatihan menghadirkan pemateri dan narasumber berkompeten dibidangnya. Diantaranya dari, Sekretariat UKS-M/Gugus Tugas Kantin Sehat Sekolah Ramah Anak, Dinas Kesehatan Kota Surakarta, dan Loka POM Surakarta.

Saat dihubungi melalui WhatsApp Direktur Program LSM Gita Pertiwi, Titik Eka Sasanti mengungkapkan bahwa pengelolaan makanan harus sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011 Pasal 1 Ayat 2. Pengelolaan makanan adalah rangkaian kegiatan yang meliputi penerimaan bahan mentah atau makanan terolah, pembuatan, pengubahan bentuk, pengemasan, pewadahan, pengangkutan dan penyajian.

“Pelatihan dilakukan pada Rabu, 12 Agustus, kemudian 19 Agustus dan 26 Agustus 2020, jam 09.00 – 11.00. Pelatihan secara resmi akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta,” ujar Titik dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Alasan lain digelarnya pelatihan ini karena kantin sekolah atau katering berperan sebagai penyedia makanan bergizi untuk siswanya. Maka mereka wajib memahami tentang standar kantin sehat sekeolah ramah anak. Titik, juga menyampaikan tujuan dari agenda ini adalah mensosialisasikan standar kantin sehat sekolah ramah anak, meningkatkan pemahaman sekolah tenaga pendidik dan kependidikan. Selain itu, sambungnya, untuk meningkatkan peran dan kapasitas pengelola kantin sekolah dan suplier PJAS dalam pengelolaan kantin sekolah di masa pandemi Covid-19

“Masa pandemi Covid-19, bila mulai dilakukan tatap muka, maka kantin sekolah diharapkan tutup, anak-anak diharap membawa bekal dari rumah,” tambahnya.

Sementara itu, Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jatmiko yang pengelola kantinnya menjadi salah satu peserta mengaku bahwa kantinnya menjadi salah satu kantin percontohan. Hal ini karena sekolah tersebut merupakan juara Sekolah Sehat di Tingkat Propinsi.

“Kami juga menggelar pelatihan penerapan protokol kesehatan dalam pengolahan makanan dan pengelolaan kantin sehat, pembuatan film kantin sekolah sehat ramah anak, dan lomba Vlog jajanan sehat,” pungkas Jatmiko.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!